oleh

Pertunjukan Seni Budaya Kalimantan Barat oleh KPMKB Surakarta

-Berita-411 Dilihat

Minggu (24/3/2019) bertempat di Jalan Slamet Riyadi bertepatan dengan Solo Car Free Day, Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Barat (KPMKB) Surakarta mengadakan pertunjukan seni dan budaya Kalimantan Barat. Acara rutin yang digelar setiap hari Minggu ini diikuti oleh sekitar 30 orang dari KPMKB menampilkan banyak tari-tarian khas Kalimantan Barat seperti tari Anjat, tari Bujang Begaul, dan tari perang.

Tarian tersebut ditampilkan oleh para penari gabungan dari mahasiswa Universitas Sahid, Citra Medika, STIMIK, UMS, Uniba, dan perguruan tinggi lain yang tersebar di kota Surakarta. Tidak hanya tarian, ada juga penampilan musik akustik lagu daerah Kalimantan Barat. Acara seperti ini digelar dalam rangka untuk menggalang dana untuk kebutuhan kegiatan-kegiatan KPMKB di Kota Suakarta.

“Kita ini rantauan di tanah orang, etnis beda, kebiasaan juga berbeda jadi kita mau ngenalin kebudayaan kita di sini”, ujar Anggara salah satu anggota KMKB asal Mempawah Kalimantan Barat. Anggara juga mengungkapkan acara ini bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan, kuliner, pariwisata, agar turis-turis dapat berkunjung ke Kalimantan Barat. KPMKB memiliki agenda rutin setiap hari Sabtu dan Minggu sore ada latihan menari di sanggar yang terletak di asrama KPMKB yang beralamat di Jalan Anggur 1 nomor 15 Kerten Surakarta.

Anggara berharap “ke depan agar teman-teman semangat, antusiasnya lebih tinggi, acaranya lebih banyak, pesertanya lebih banyak.”