oleh

Permukiman Terendam Banjir Akibat Alih Fungsi Lahan

Permukiman Terendam Banjir Akibat Alih Fungsi Lahan 231

BERITA BOGOR – Diduga akibat alih fungsi lahan yang berdampak terendamnya permukiman warga Kampung Babakan Cicerewed Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Senin (20/12/2021) 

Banjir yang merendam rumah warga di RT 05 RW 01 tersebut diduga akibat adanya alih fungsi lahan. Tak hanya itu, adanya pembangunan PT BBH kawasan Sentul juga menuai dugaan adanya alih fungsi lahan kawasan tersebut. 

“Selama ini belum pernah ada kejadian rumah warga kebanjiran seperti ini. Kejadiannya menjelang sore pas hujan deras disertai angin kencang. Warga berharap kepada pemerintah untuk menyelidiki penyebab banjir ini,” ungkap Abdul, warga Babakan Cicerewed. 

Kejadian ini sudah dilaporkan kepada pihak Pemerintah Desa Cijayanti dan Forkompimcam Babakan Madang. Dilaporkan, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun harta benda milik puluhan warga yang sempat mengungsikan anggota keluarganya juga ikut terendam banjir. 

“Berdasarkan pendataan, sebanyak 27 rumah terendam banjir dengan ketinggian sekitar 1,5 meter,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani.

Dirinya mengatakan, banjir ini mulai terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Hujan intensitas tinggi yang cukup lama menyebabkan meluapnya Kali Sarapati ke pemukiman warga.

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD yang dikerahkan juga melakukan penanganan di lokasi sampai malam hari. Sekitar pukul 18.40 WIB, banjir ini sudah mulai ssurut (als) 

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru