12 Juli 2024
oleh

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Bekasi Gelar Aksi Bersih Kali Bekasi

-Utama-124 Dilihat

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Bekasi Gelar Aksi Bersih Kali Bekasi

By Admin 08 Juni 2023 16 Views

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Bekasi Gelar Aksi Bersih Kali Bekasi

Kota Bekasi – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan _Gelar Aksi Bersih Kali Bekasi_ pada 07 dan 08 Juni 2023 yang berlokasi di Kali Irigasi Sasak 45, Teluk Pucung, Bekasi Utara.

Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau _World Environment Day_ diperingati setiap tanggal 5 Juni, dimulai sejak tahun 1972 ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada saat Konferensi Stockholm. Setiap tahunnya, HLH dirayakan dengan tema yang berbeda-beda dan pada tahun 2023 ini mengusung tema _Beat Plastic Pollution_ , yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Dengan mengerahkan Pasukan Katak DLH, Tim Pematusan dan Tim Alat Berat Pengakut Sampah dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), dengan serta mengajak komunitas peduli lingkungan dan juga masyarakat sekitar, _Aksi Bersih Kali Bekasi_ bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap kualitas air sungai yang lebih baik. 

“Selain mengerahkan pasukan, kami juga menggerakkan masyarakat dan komunitas peduli lingkungan dengan harapan masyarakat dapat berubah _mindset_ -nya menjadi lebih peduli terhadap lingkungan, dan hasilnya dapat terlihat dan dapat dirasakan sendiri jika kualitas air sungai membaik yang bersih bebas dari sampah,” ujar Yudianto Kepala DLH Kota Bekasi

Selain itu, Yudianto pun menambahkan, “melalui gelaran seperti ini diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi karena masyarakat juga akan semakin paham dan melek akan pentingnya sungai yang bersih,” imbuhnya. 

Sampah plastik menjadi permasalahan serius yang harus segera diatasi. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan momen untuk semua pihak guna berkolaborasi menjaga lingkungan terutama kebersihan sungai.

“Semoga kegiatan ini membangun motivasi bagi semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai, dan tidak membuang sampah sembarangan,” tambah Yudianto.

Selain _Aksi Bersih Kali Bekasi_ , DLH Kota Bekasi juga menggelar kegiatan lain guna peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yakni sebelumnya telah dilakukan _Aksi Bersih-Bersih Hutan Kota Bekasi_ , lalu Jum’at (09/06) mendatang akan dilaksanakan _Aksi K3_ di Danau Duta Harapan, Bekasi Utara dimana di lokasi tersebut akan digelar juga acara puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Minggu (11/06).

(PUT)

Tags : Hari Linkungan Hidup,Dinas LH

Sumber : Bekasikota.go.id