oleh

Peringati Hari Koperasi ke-76, Diskopdagperin Apresiasi Koperasi Berprestasi

-Berita-110 Dilihat

KUNINGAN – Bersamaan dengan Hari Kesadaran Nasional yang rutin dilaksanakan tanggal 17 setiap bulannya. Kali ini  diperingati  dengan Hari Koperasi ke-76, yang menjadi  momentum untuk memasyarakatkan kembali Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP). Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH  bertindak sebagai Pembina Upacara. Dilanjutkan pemberian penghargaan dari Diskopdagperin kepada Koperasi Berprestasi, Koperasi Penerima BPJS Ketenagakerjaan, Pinunjul Koperasi, dan lainnya. ,  berlangsung  di Halaman Setda, Senin (17/7/2023).

Dalam amanatnya, Bupati Kuningan menyampaikan bahwa koperasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Ia menekankan bahwa kemajuan usaha koperasi akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan anggota, dan jika hal ini tidak terjadi, bukanlah karena teorinya yang salah, melainkan karena praktik yang keliru yang harus diperbaiki.

“Kekuatan bersama dan kerja kolektif merupakan kunci sukses koperasi. Koperasi saat ini diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing yang tinggi dalam mendorong kemajuan koperasi itu sendiri,” ungkapnya.

Bupati Kuningan sebagaimana sambutan Menteri Koperasi dan UMKM RI menyampaikan, saat ini Kemenkop UKM sedang menyusun RUU Perkoperasian sebagai pengganti UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Selain itu dijelaskan, bahwa berbagai isu strategis telah dimuat dalam RUU tersebut, seperti pembaharuan ketentuan modal koperasi, lapangan usaha koperasi berdasar Klasifikasi Baku Lapangan usaha koperasi Indonesia, adopsi teknologi digital dalam tata kelola  dan usaha, modernisasi kelembagaan, pengaturan khusus tentang usaha simpan pinjam, rekognisi koperasi syariah dan afirmasi kepada koperasi sektor riil, dan pengaturan tentang pilar-pilar ekosistem Koperasi.

Ketua Panitia Peringatan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023, Plh Kabid Koperasi Alvin Fitranda, dalam laporannya, menyampaikan bahwa tahun ini telah berhasil dilaksanakan 11 kegiatan strategis dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Koperasi ke-76.  Ia menyebutkan ada beberapa kegiatan antara lain,  pemasangan spanduk peringatan, penilaian Satyalancana Pembangunan Bupati Kuningan.

“Roadshow program kolaborasi Anjangsana dan Bina Edukasi Koperasi (Prokasi Abadi Koperasi) ke 32 Kecamatan, pembiayaan akta notaris badan hukum koperasi secara gratis dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Kuningan, penilaian koperasi berprestasi, pemberian penghargaan Desa Pinunjul Koperasi, program kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, pelaksanaan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga pemasangan Twibbon dan Umbul-umbul di lingkungan SKPD dan Sekretariat Koperasi, taping ucapan Bupati Kuningan pada peringatan Hari Koperasi ke-76 untuk dishare di masyarakat, serta mengisi stand Koperasi dan UMKM pada Gelaran Hari Koperasi Tingkat Provinsi di Kawasan Central Park Meikarta Kabupaten Bekasi pada tanggal 27-29 Juli 2023,” katanya.

Lebih lanjut Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, U Kusmana, S.Sos, M.Si  mengatakan,  bahwa peringatan Hari Koperasi tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, peringatan Hari Koperasi disatukan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional sebagai momentum yang tepat untuk memasyarakatkan kembali Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (GEMASKOP).

“Gemaskop ini melibatkan pilar-pilar ekosistem koperasi dengan melibatkan banyak lembaga pendukung dan profesi penunjang perkoperasian. Melalui perkuatan Program Desa Pinunjul serta Kecamatan Koperasi, diharapkan semakin banyak dorongan bagi pertumbuhan dan perkembangan potensi KUMKM lokal agar semakin profesional, mandiri, kuat, dan berdaya saing. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan peran koperasi dalam perekonomian nasional dan daerah,” jelasnya.

Selain itu, dalam peringatan Hari Koperasi ke-76 Pemkab Kuningan melalui Diskopdagperin memberikan penghargaan kepada beberapa koperasi dan desa/kelurahan yang berprestasi antara lain, Koperasi Berprestasi, yakni Koperasi Produsen Karya Nugraha Jaya Cipari – Cigugur, KUD Suka Mekar Cibingbin, Koperasi Konsumen El-Arbah Kunci Maju – Kuningan

Dan penerima Simbolis Badan Hukum, yaitu  Koperasi Produsen Dolisa Pasiragung Sejahtera – Hantara, Koperasi Konsumen Mekar Mulya Cikupa – Darma, dan Koperasi Al Muawanah Desa Mandirancan (Ponpes Pembangunan Mandirancan). Selain itu ada penerima Simbolis Koperasi Penerima BPJS Ketenagakerjaan, seperti KOKARPEMDAGRI – Kuningan,  Koperasi Produsen Karya Nugraha Jaya Cipari – Cigugur,  KSP Mekar Jaya – Maleber.

Bukan hanya itu Diskopdagperin juga memberikan penghargaan kepada 18  desa/kelurahan Pinunjul Koperasi  apresiasi ke  18 desa/kelurahan di antaranya Kelurahan Cipari, Kelurahan Cigugur, Desa Cibingbin, Desa Cipasung, Desa Sukaharja, Desa Cawigebang, Desa Cawilor, Desa Cisantana, dan Desa Kaduela.

Kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-76 ini dihadiri oleh Forkopimda, Sekda Kabupaten Kuningan, para Kepala SKPD, para Camat se Kabupaten Kuningan, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Ibu Ketua DWP Pemerintah Kabupaten Kuningan, para Ketua Koperasi se-Kabupaten Kuningan, para Ketua Komunitas UMKM se-Kabupaten Kuningan, serta undangan peserta Apel Kesadaran Nasional dari SKPD se Kabupaten Kuningan. (IKP/DISKOMINFO)