oleh

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 10 Desember 2020

-Berita-40 Dilihat

BERITA BOGOR – Hari Hak Asasi Manusia sedunia diperingati setiap tanggal 10 Desember. Adapun tema Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun 2020 yaitu “Recover Better – Stand Up for Human Rights”.

Tema Hari HAM ke-72 tahun 2020 diambil dengan melihat kondisi pandemi COVID-19.

Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM (P5 HAM) merupakan tanggung jawab negara terhadap HAM, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Sedangkan angka 72 menunjukkan tahun peringatan Hari HAM Sedunia pada tahun 2020.

Hari HAM adalah kesempatan untuk menegaskan kembali pentingnya Hak Asasi Manusia yaitu melalui solidaritas global, kepedulian antar sesama, serta rasa kemanusiaan yang dapat memulihkan kondisi global saat ini.

Baca juga :  Dunia Internasional Tentang Donald Trump

Tema Hari HAM ke-72 tahun 2020 diambil dengan melihat kondisi pandemi COVID-19, krisis COVID-19 telah menyebabkan meningkatnya kemiskinan, ketidaksetaraan, diskriminasi, dan kesenjangan lainnya. Oleh karena itu, melalui tema Hari HAM tahun ini diharapkan menumbuhkan kepedulian terhadap hak asasi manusia agar segera pulih dari krisis yang ada.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis HAM di masa pandemi COVID-19 yaitu:

1) Mengakhiri segala bentuk diskriminasi. Diskriminasi struktural dan rasisme menyebabkan krisis HAM di masa Covid-19.

2) Perlu mengakhirinya agar krisis tidak berlanjut setelah selesainya pandemi.

3) Mengatasi ketidaksetaraan: Ketimpangan berkembangan di masa pandemi ini.

4) Perlu adanya dorongan dan kontrak sosial untuk memajukan serta melindungi hak ekonomi, sosial, dan budaya dalam “kebiasaan hidup baru” (new normal).

Baca juga :  Komjen Idham Azis Terpilih Sebagai Kapolri

5) Mendorong partisipasi dan solidaritas. Baik individu, masyarakat, komunitas, hingga pemerintah harus berperan untuk menyuarakan pemulihan pembangunan dunia pasca-Covid-19. Tujuannya agar generasi sekarang dan masa depan menjadi lebih baik.

6) Mempromosikan pembangunan berkelanjutan. Semua orang memerlukan pembangunan berkelanjutan demi kebaikan manusia dan seisi bumi. (*) 

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru