17 Mei 2022
oleh

Penilaian RW Siaga Tingkat Kota Bekasi di RW. 11 Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur 

-Berita-652 Dilihat

Penilaian RW Siaga Tingkat Kota Bekasi di RW. 11 Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur 

By Admin 03 Februari 2021 12 Views

KOTA BEKASI – Wilayah RW. 11 Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi timur siap menyambut penilaian oleh Tim RW Siaga Tingkat Kota Bekasi. Rabu, (03/02/2021). 

Penilai RW Siaga Tingkat Kota Bekasi mengunjungi salah satu RW Siaga, kali ini berlokasi di RW. 11 Kelurahan Bekasi Jaya. Tim penilai yang terdiri dari unsur 3 pilar melakukan tinjauan lapangan langsung dan mengumpulkan data terkait kesiapan wilayah tersebut dalam menghadapi masa pandemi yang meliputi tiga poin penting, yaitu zero Covid-19, zero criminal dan ketahanan pangan. 

Kesiapan warga RW. 11 Kelurahan Bekasi Jaya dalam penanggulangan Covid-19 dapat dilihat dari kesiapan infrastruktur yang mendukung, diantaranya dengan menyiapkan rumah isolasi bagi warga yang terpapar namun dengan gejala ringan dan tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri di rumah. Rumah isolasi mandiri ini sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, televisi, alat-alat kesehatan dan tentunya bantuan swadaya warga sekitar dengan memenuhi kebutuhan makan minum dan obat-obatan bagi warga yang melakukan isolasi di rumah isolasi tersebut. 

Zero Kriminalitas juga diupayakan maksimal oleh warga di RW. 11. Ini dilakukan dengan pemberlakuan sistem satu pintu pada akses masuk ke wilayah RW. 11. Di samping itu, warga juga masih aktif dalam menjaga keamanan lingkungan dengan melakukan jaga malam yang dijadwalkan pada tiap-tiap RT. 

Di bidang ketahanan pangan, wilayah RW. 11 juga memanfaatkan lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial sebagai lahan mencocok tanam. Warga juga membuat beberapa tempat untuk budidaya sayur-mayur melalui kebun hidroponik, dan juga mengubah ruang terbuka hijau yang tidak terawat menjadi taman ramah anak dengan menata ulang dan menambahkan fasilitas bermain dan wifi publik untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi anak-anak di lingkungan tersebut. 

Setelah meninjau langsung ke beberapa tempat, tim penilai bersama dengan unsur pengurus RW. 11 melakukan evaluasi bersama guna mengoptimalkan program penanganan Covid-19 secara berkelanjutan dan tidak berhenti hanya sampai penilaian lomba RW siaga ini saja. (IF-PIP)

Tags : Kelurahan Bekasi Jaya,RW Siaga Tingkat Kota Bekasi

Sumber : Bekasikota.go.id

Kabar Terbaru