oleh

Pengukuhan dan Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kuningan Tahun 2022.

-Berita-106 Dilihat

KUNINGAN,-  Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900/7105/SJ tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, Bagian Perekonomian dan SDM Setda Kabupaten Kuningan mengadakan Kegiatan Pengukuhan dan Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kuningan Tahun 2022, bertempat di Prima Resort Sangkanhurip Kuningan, Jum’at (11/03/2022). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kuningan, H.Acep Purnama SH.,MH dalam sambutannya.

Bupati mengatakan bahwa pekerja migran, wanita, disabilitas, anak terlantar, lansia, penduduk daerah tertinggal serta pelajar dan pemuda harus menjadi sasaran prioritas untuk mendapat akses keuangan. Hal tersebut agar mendukung pemulihan pergerakan ekonomi di Kabupaten Kuningan.

Ia memberikan dukungan penuh dengan adanya TPAKD ini, karena dapat memberikan jasa keuangan kepada masyarakat dengan lebih praktis.

“Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat tidak akan terpikirkan untuk mencari akses entitas kredit informal, atau illegal dalam menambah modal dengan bunga tinggi,”katanya. 

Masih dikatakan Bupati, ia berharap TPAKD dapat mendorong lembaga jasa keuangan dalam pemulihan ekonomi daerah, mencari inovasi dalam memperluas akses keuangan terhadap masyarakat, melakukan optimalisasi penyediaan pendanaan produktif bagi pelaku UMKM, petani, peternak dan para pelaku ekonomi produktif lainnya dengan proses yang cepat, mudah dan berbiaya rendah.

“Diharapkan dapat memetakan kebutuhan daerah dan memberikan masukan serta rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan yang extraordinary, inovatif dan cepat serta dapat mengembangkan potensi daerah terutama di bidang UMKM”,ucapnya.

Selanjutnya, Bupati memberikan ucapan atas dikukuhkannya TPAKD Kabupaten Kuningan, dan berharap TPAKD ini segara menyusun program kerjanya dengan menyesuaikan kondisi pandemi covid-19.

“Semoga TPAKD Kabupaten Kuningan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuningan,”ungkapnya.

Kepala OJK Cirebon, M Fredly Nasution, mengatakan, TPAKD sendiri merupakan forum koordinasi antar stakeholder untuk meningkatkan dan mempercepat akses keuangan dalam rangka mendorong ekonomi daerah.

Fredly menyampaikan, sejauh ini TPAKD melalui program-programnya mempunyai peranan penting dalam mendorong sektor perekonomian di Ciayumajakuning.

TPAKD juga bertujuan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan,” kata M Fredly Nasution.

Dalam acara ini, turut hadir Kepala OJK Cirebon, Kepala Perwakilan BI Cirebon, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemda Kabupaten Kuningan, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kuningan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Rektor Uniku, Rektor Universitas Al-Ihya, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, serta Pimpinan Lembaga Jasa Keuangan. (Bid IKP/Diskominfo). 

Kabar Terbaru