oleh

Pemkot Malang Siap Luncurkan Layanan PISA

-Berita-135 Dilihat

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispussipda) siap untuk meluncurkan layanan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA). Hal ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terkait dengan pembentukan PISA di perpustakaan umum daerah.

Layanan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) 

Kepala Bidang Pengembangan dan Pelayanan Dispussipda Kota Malang, Dra. Endang Purwanti, menjelaskan jika layanan PISA ini direncanakan untuk bisa diluncurkan tahun 2023 mendatang. Saat ini, Endang menjelaskan jika beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Dispussipda Kota Malang sudah siap untuk digunakan sebagai pendukung layanan PISA. Akan tetapi diperlukan adanya kesiapan lebih terhadap beberapa sarana dan prasarana lain guna mendukung pelayanan PISA yang lebih prima.

“Secara umum beberapa hal sudah kami lakukan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Malang, seperti penyediaan tempat bermain anak. Untuk sarana dan prasarana kami sudah siap, akan tetapi untuk rencana diluncurkan di tahun depan,” ujar Endang, Selasa (2/8/2022).

Layanan PISA merupakan pusat layanan informasi yang dikhususkan untuk anak-anak disesuaikan pada kategori usia. Seiring dengan derasnya arus informasi yang bisa secara bebas diterima oleh anak-anak, layanan PISA ditujukan untuk dapat memilah dan menyaring informasi yang layak anak, seperti informasi yang tidak mengandung unsur pornografi dan radikalisme.

Layanan informasi yang diberikan juga termasuk dengan informasi-informasi tentang hak anak, seperti pengurusan akta lahir, dan lain-lain, yang nantinya bekerja sama dengan dinas terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipili (Dispendukcapil), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB), dan juga Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) dalam memberikan informasi layak anak kepada masyarakat.

Tidak hanya fokus pada penyediaan informasi, layanan ini juga memberikan ruang berekspresi bagi anak-anak melalui pengadaan tempat bermain, tempat peningkatan kreativitas, tempat konsultasi, komputer edukasi dan dengan pendekatan pelayanan ramah anak.

Selain di perpustakaan umum daerah, Susanto menyebutkan jika PISA ini nantinya direncanakan untuk disediakan di Taman Baca Masyarakat (TBM) dan juga Perpustakaan Keliling. Sementara ini, terdapat satu TBM di Kota Malang yang direncanakan akan diajukan untuk pengadaan pelayanan PISA, yaitu TBM di Perumahan PNS, Lesanpuro. (ayu/ram)

Kabar Terbaru