oleh

Pemkot Malang Pantau Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Merah

-Berita-241 Dilihat

Malang, (malangkota.go.id) – Kenaikan harga cabai dan bawang merah dalam beberapa waktu terakhir disebabkan oleh cuaca yang mengakibatkan gagal panen. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) terus memantau perkembangan harga cabai dan bawang merah tersebut setiap harinya.

Pedagang sedang menjual cabai di pasar

Kepala Bidang Perdagangan, Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo menyampaikan selain faktor cuaca, khusus untuk cabai berbarengan dengan penyakit jamur porong. Hal tersebut turut menjadi penyebab turunnya panen komoditi cabai, di samping tingginya kebutuhan masyarakat akan cabai dan bawang merah.

“Strategi yang kami lakukan salah satunya akan mengunjungi sentra-sentra produksi, khususnya cabai di daerah sekitaran Malang untuk mengetahui kondisi riil di lapangan dan kemungkinan panen raya. Sedangkan untuk giat operasi pasar belum memungkinkan karena kenaikan harga ini tidak hanya di Malang, persediaan komoditas terbatas,” urai Sapto, Jumat (10/6/2022).

Kenaikan harga cabai dan bawang merah ini tidak hanya terjadi di Kota Malang, melainkan di beberapa kabupaten/kota di Indonesia termasuk di Jawa Timur. Beberapa upaya konkrit terus dilakukan, sehingga diharapkan mampu menstabilkan harga cabai di pasaran. Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk konsumsi sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Dia juga berharap dalam waktu dekat akan ada panen raya kembali.

“Pantauan dilakukan setiap hari secara terus-menerus oleh Diskopindag. Sehingga masyarakat juga dapat melihat harga berbagai bahan pokok dan penting, termasuk cabai serta bawang merah dari 18 pasar di Kota Malang melalui sembako.malangkota.go.id. Selain itu, pantauan harga bahan pokok juga dapat dilihat melalui siskaperbapo.jatimprov.go.id yang dipantau oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tambahnya.

Data Sistem Informasi Ketersediaan Bahan Pokok sembako.malangkota.go.id menunjukkan harga cabai merah besar keriting per tanggal 10 Juni 2022 Rp71.231,00 naik Rp385,00 dibandingkan dengan harga per tanggal 9 Juni 2022 Rp70.846,00. Untuk harga cabai merah besar biasa per tanggal 10 Juni 2022 Rp70.615,00 yang stabil dibanding dengan harga per tanggal 9 Juni 2022. Sedangkan untuk harga cabai rawit per tanggal 10 Juni 2022 berada di angka Rp88.231 yang juga stabil dibanding dengan harga per tanggal 9 Juni 2022. (eka/ram)