oleh

Pemkot Malang Apresiasi Kiprah Dhibra Shiddiqiyyah

-Berita-43 Dilihat

Malang (malangkota.go.id) – Kelompok masyarakat yang menamakan diri Dhilal Berkat Rahmad Allah SWT (DHIBRA) Shiddiqiyyah Kota Malang, Kamis (26/8/2021) menyerahkan tiga unit rumah layak huni kepada warga yang kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Penyerahan kunci rumah secara simbolis diberikan kepada nenek Gini, warga jalan Rawi Sari RT 4 RW 5 Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menyerahkan kunci rumah kepada nenek Gini

Ketua DHIBRA Shiddiqiyyah Kota Malang, yang juga koordinator pembangunan rumah layak huni, Waluyo Edi Susanto mengatakan jika dua rumah lainnya ada di wilayah Kecamatan Lowokwaru. Program yang dilakukan setiap tahun ini, kata dia, sebagai wujud rasa syukur dan dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI.

“Setiap rumah setidaknya membutuhkan biaya sekitar Rp75 juta dan dananya berasal dari sumbangan atau partisipasi masyarakat. Tahun ini secara nasional DHIBRA Shiddiqiyyah menyerahkan rumah layak huni sebanyak 102 unit,” jelas Waluyo.

Lebih jauh dia mengatakan, setiap warga yang ingin menyumbang dan tergambung dalam kelompok, mereka menabung semampunya. Sehingga nantinya kalau sudah terkumpul dan cukup untuk membangun satu rumah layak huni, maka pengurus DHIBRA Siddiqiyyah segera merealisasikannya.

Program ini pun mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. Menurutnya, jika kita bergerak bersama maka berbagai permasalahan akan terasa dengan baik. Seperti program ini misalnya, yang sangat membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan.

Kota Malang sendiri, terang pria yang kerab disapa Bung Edi itu, mempunyai program serupa tapi untuk renovasi rumah tidak layak huni, yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP). Dalam program ini, terang Sofyan Edi Jarwoko, DHIBRA Shiddiqiyyah membangun rumah baru dan bukan merenovasi sehingga sangat kami apresiasi.

Dia pun mengaku siap membantu, apa yang menjadi kebutuhan dalam program ini. “Ke depan, diharapkan semakin banyak kelompok masyarakat yang bergerak di bidang sosial. Sehingga akan terus menguatkan program-program kemasyarakatan yang dicanangkan oleh Pemkot Malang,” pungkas Bung Edi. (say/ram)

Kabar Terbaru