oleh

Pemkot Gelar Sayembara Logo HUT ke-109 Kota Malang

-Berita-125 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Menyambut momen 109 tahun perjalanan usia Kota Malang pada 1 April 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang resmi menggelar sayembara desain logo hari ulang tahun yang mengangkat tema ‘Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan’.

Sayembara Logo HUT ke-109 Tahun Kota Malang

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengungkapkan bahwa inisiatif lomba desain logo tidak lepas dari strategi untuk semakin menguatkan image Kota Malang sebagai Kota Kreatif terkemuka di Indonesia.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk mengangkat potensi kreatif kita. Lomba ini jadi salah satu wadahnya. Para pelaku kreatif dilibatkan penuh termasuk konsep lombanya, artinya subyek dan obyek pembangunan,” ungkap Sutiaji, Jumat (27/1/23).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos menambahkan bahwa konsep sayembara logo tersebut dirumuskan secara kolaboratif bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang yang juga turut berperan sebagai tim juri lomba.

“Kami sangat terbantu dengan tim ADGI yang secara historis terus kami kuatkan kolaborasi dari tahun ke tahun mensupport kreativitas desainer grafis kita. Tentunya ini juga menjamin kualitas proses sayembara dan harapannya hasil logo juga memorable,” beber pria yang akrab disapa Wiwid tersebut.

Bak gayung bersambut, Ketua ADGI Chapter Malang, Andreas Syah Pahlevi mengungkapkan menyambut baik inisiatif kolaborasi dari Pemkot Malang dan mengajak insan desainer yang memenuhi kompetensi untuk mengikutinya.

“Saya sangat mengapresiasi upaya Pemkot Malang menggandeng dan mewadahi kreativitas desainer di Malang. Monggo (silakan) kita manfaatkan momen ini untuk menyumbangkan karya terbaik kita untuk Kota Malang,” ajak Andreas.

Sayembara berhadiah belasan juta rupiah yang terbuka bagi warga ber-KTP Kota Malang dan mahasiswa ber-KTM perguruan tinggi di Malang Raya ini dibuka pendaftaran calon pesertanya hingga 9 Februari 2023.

Demi menjaga kualitas, sayembara akan menerapkan seleksi portofolio sebagai mekanisme kurasi awal kompetensi desainer sebelum memasuki fase perancangan, nominasi hingga penetapan pemenang.

Adapun dewan juri sayembara terdiri dari lima orang ahli yang tidak diragukan lagi kapasitasnya di bidang desain grafis, yakni Andreas Syah Pahlevi (Ketua ADGI Malang), Victor Abednego (Dosen), Daru Redono (Praktisi), Papang Jakfar (Desainer maskot OsiJi) dan Zahir Fikri (Pemenang logo HUT ke-108 Kota Malang).

Untuk informasi lengkap terkait sayembara telah dapat diakses pada konten publikasi yang disampaikan melalui akun media sosial Pemkot Malang dan ADGI Malang. (ndu/yon)