oleh

Pemkab Kuningan Kembali Mendapatkan Bus Wisata Kemuning

-Berita-48 Dilihat

KUNINGAN, – Program Bus Wisata yang diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 23 Desember 2018 lalu. Setelah tahap pertama, sebanyak 13 bus wisata dihibahkan, dimana Kabupaten Kuningan ada di dalamnya mendapatkan 1 unit bus wisata. Bus Wisata ini merupakan salah satu program unggulan dari Gubernur Jawa Barat , dalam upaya memudahkan wisatawan mengakses destinasi wisata sekaligus mendongkrak sektor pariwisata Jabar.

Bus ini ditujukan bukan sebagai bis jarak jauh, hadirnya bus wisata ini bertujuan agar wisatawan mudah menjangkau titik-titik wisata di Kabupaten/Kota. Secara semangat dan pesan moral, bahwa sebetulnya banyak yang bisa dilakukan di daerah masing-masing menggunakan Bus Wisata ini.

Kini untuk kali kedua Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan kembali, Bus Single Decker ini. Dimana Bus ini telah menjadi daya tarik tersendiri di jalanan. Bentuk dan nama dari bus ini pun memiliki keunikan sesuai kekhasan daerah masing-masing. Di Kabupaten Kuningan Bus Wisata ini dinamai Bus Kemuning. Bus ini diterima Bupati Kuningan pada saat setelah apel pagi di Halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (09/03/2020).

Dalam keterangannya Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar atas bantuan bus wisata untuk Pemerintah Kabupaten Kuningan. Bus Kemuning merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang direalisasikan melalui APBD Provinsi Jawa Barat pada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat tahun 2019. Kemuning itu sendiri merupakan singkatan dari “Keliling Wisata Mutar Kota Kuningan”.

Mobil Bus Kemuning ini diperuntukkan sebagai mobil bus wisata keliling kota atau keliling ke objek-objek wisata. Dengan adanya mobil bus wisata ini, diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata di daerah termasuk di Kabupaten Kuningan. Yang pada akhirnya dapat menunjang pencapaian Visi “Jabar Juara”.

Di Kabupaten Kuningan sektor pariwisata merupakan salah satu unggulan dalam pembangunan. Sebagai salah satu unggulan maka pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan harus diupayakan semaksimal mungkin dengan memberdayakan segala potensi yang ada secara optimal.

Dengan adanya mobil bus wisata kota ini, secara otomatis akan memberikan pengaruh yang sangat positif dalam menunjang pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Kuningan, karena akan mampu meningkatkan minat wisata masyarakat.

Lebih lanjut Bupati manjelaskan, pada tahun 2019 yang Kabupaten Kuningan juga mendapat mobil bus kemuning melalui Dana CSR dari Bank BJB ke DPC Organda Kabupaten. Yang saat ini mobil bus kemuning tersebut telah beroperasi melayani wisata kota di Kabupaten Kuningan. Dengan penambahan mobil bus wisata ini diharapkan, akan semakin menunjang pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan dan Jawa Barat secara umum. (Bid IKP/DISKOMINFO)

Kabar Terbaru