Beranda Berita Pemindahan Puskesmas dan Drainase Jadi Program Prioritas Musrenbang Kel. Bareng

Pemindahan Puskesmas dan Drainase Jadi Program Prioritas Musrenbang Kel. Bareng

14
0

Klojen (malangkota.go.id) – Pemindahan lokasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di RW 2 Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen menjadi salah satu program prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan pada hari Minggu (27/01/2019).

Musrenbang Kelurahan Bareng sekaligus pemilihan Ketua LPMK Bareng

Musrenbang yang digelar di Hotel Radho ini juga bersamaan dengan Pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Bareng masa bakti 2019-2022.

Lurah Bareng Hariadi Budhi H., S.Sos mengatakan, Puskesmas yang ada di RW 2 akan dipindahkan ke RW 1 karena akses ke Puskesmas saat ini kurang memadai. “Kita usulkan dalam musrenbang agar Puskesmas dipindah ke lokasi yang lebih strategis, yaitu di tanah aset Pemkot Malang yang ada di RW 1,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Budi, perbaikan atau pembangunan drainase akan menjadi program prioritas berikutnya agar di wilayah Kelurahan Bareng tidak terjadi banjir atau luapan air dari selokan, terutama saat hujan deras.

“Sebenarnya hampir semua di wilayah Kelurahan bareng tidak begitu terdampak banjir saat hujan lebat, namun tidak ada salahnya kalau diantisipasi,” imbuhnya.

Dari 9 RW, terang Budi, RW 1 sampai RW 8 akan menjadi perhatian berbagai perbaikan maupun pembangunan sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat. “Maka dari itu, kita mengajak seluruh elemen masyarakat agar benar-benar serius dan memanfaatkan acara musrenbang ini dengan baik,” ajaknya.

Antisipasi lain untuk mencegah terjadinya banjir, terutama luapan air dari drainase di pemukiman warga, kata Budi yaitu dengan membangun sumur resapan dan biopori. “Kami akan mengajak semua warga, sehingga saat musim hujan tidak khawatir terjadi banjir atau genangan air, dan bahkan hingga tidak masuk ke pemukiman warga,” urainya.

Budi juga mengimbau para peserta musrenbang agar tetap berpegangan pada skala prioritas dan bisa mengawal serta mempertanggungjawabkan dari hasil musrenbang kali ini, sehingga ke depan berbagai sarana prasarana yang ada di wilayah Kelurahan Bareng bermanfaat bagi masyarakat. (say/yon)