oleh

Pelatihan Perkoperasian, Sekda : Koperasi dan UMKM Agar Mampu Bersaing di Pasar yang Semakin Kompetitif

-Berita-128 Dilihat

KUNINGAN – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian (Dinas Kopdagperin)  Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Perkoperasian, Kewirausahaan dan Digitalisasi Koperasi.

Kegiatan tersebut, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Pelatihan ini merupakan bagian dari program Pemberdayaan Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah, Akses Pasar, Akses Pembiayaan, Penguatan Kelembagaan, Penataan Manajemen, Standarisasi, dan Restrukturisasi Usaha Koperasi dan UMKM. Acara berlangsung di Grage Sangkan Hotel pada Selasa, 20 Juni 2023,

Dalam pelatihan ini, 90 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kuningan dilibatkan. Mereka terdiri dari unsur pengurus dan anggota koperasi yang memiliki unit usaha di wilayah tersebut. Pelatihan ini telah terbagi menjadi empat jenis, yakni pelatihan perkoperasian, kewirausahaan, keterampilan teknis (vocational)/kemasan, dan teknologi informasi/digitalisasi UMKM.

Menurut U. Kusmana, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kopdagperin Kabupaten Kuningan, pelatihan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan koperasi serta UMKM. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan usaha mereka, meningkatkan nilai tambah produk, mengakses pasar dengan lebih baik, mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah, serta memperkuat kelembagaan dan manajemen usaha.

“Penyelenggaraan Pelatihan ini merupakan program untuk Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK) Dana Alokasi Khusus (Dak) Non Fisik Kegiatan Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi Kabupaten Kuningan,” katanya.

Menurutnya, dengan mengusung Tema  “Koperasi Keren dan Modern, UMKM Naik Kelas” sebagai upaya  Koperasi dan Wirakoperasi untuk Siap merevitalisasi Koperasi, mendorong Penerapan Akuntabilitas dan Kesehatan Koperasi melalui   Rapat Anggota Tahunan (RAT), menggiatkan kembali tata kelola manajemen koperasi yang patuh regulasi sehingga menjawab tantangan keberadaan koperasi sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Entrepreneur upgrading yang merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam aktivitas kewirausahaan untuk melahirkan kreativitas, inovasi dan invensi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Dan Literasi digital dan bentuk pemanfaatan media digital guna mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan Big data melalui AI (Artificial Intelligence) dengan komponen manusia (penggunanya) untuk mendukung komitmen Dinas bersama seluruh Gerakan Koperasi di Kabupaten Kuningan melalui “Gerakan Berkoperasi MAJU menuju Digital Management” sejak 25 Agustus 2021 yang telah lalu,” jelasnya.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, dalam sambutannya yang mewakili Bupati Kuningan, menyampaikan pentingnya peran koperasi sebagai alternatif rasional dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia juga mengajak para peserta untuk mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan masyarakat. Dan  mengimbau UMKM untuk bergabung dengan koperasi guna memperluas pasar dan akses permodalan.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, koperasi dan UMKM di Kabupaten Kuningan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Dengan adopsi teknologi dan kolaborasi yang baik, diharapkan koperasi dan UMKM dapat menjadi lebih modern dan mampu bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif.

Dalam pelatihan ini, hadir pula pejabat dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat. Selain itu, 13 tenaga pengajar dari kalangan akademisi dan praktisi profesional juga turut memberikan materi pelatihan kepada peserta. (IKP/DISKOMINFO)