oleh

Pelantikan DPD Korp Alumni KNPI, Dian : KNPI Siap Berkontribusi bagi Kamajuan Kuningan

-Berita-99 Dilihat

KUNINGAN – Dewan Pimpinan Daerah Korp Alumni Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD Korp Alumni KNPI) Kabupaten Kuningan masa bhakti 2023-2026 resmi dilantik, selaku  Ketua Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, yang pernah menjabat menjadi Ketua KNPI Kuningan pada tahun  2008-2011 dan  Wakil Ketua KNPI Provinsi Jawa Barat, 2009-2011. Pelantikan dan Rakerda I berlangsung  di RM. Saung Ma Nioh, Jl. Ir Soekarno Jalan Baru, Selasa (18/7/2023).

Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si,  menyampaikan bahwa DPD Korp Alumni KNPI adalah sebuah wadah silaturahmi bagi mantan anggota KNPI yang memiliki dedikasi untuk terus menjaga NKRI, Pancasila, kebinekaan, persatuan, dan kesatuan bangsa. Dan akan  berkontribusi melalui berbagai kegiatan pembangunan daerah melalui kepemudaan, sosial, permasalahan pengangguran,  kesehatan dan bidang lainnya.

“Selain itu, kemajuan digitalisasi saat ini, ada dampak lain juga dengan hadirnya  informasi hoaks yang dapat memecah belah masyarakat karena ketidakjelasan dan bahkan dapat menimbulkan pertikaian. Oleh karena itu, peran kita adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2024, tugas kita adalah menjaga sportivitas dan kondusifitas,” ungkap Dian, yang juga Sekda Kabupaten Kuningan ini.

Dewan Kehormatan DPD Korp Alumni KNPI Kabupaten Kuningan H. Momon Rochmana, MM, dalam amanahnya mengingatkan tentang kenangan indah saat pelantikan DPD KNPI Kuningan pertama kali pada tahun 1976. Namun, kali ini terdapat inovasi di mana pelantikan DPD Korp Alumni KNPI langsung diikuti oleh Rakerda. Oleh karena itu, penting untuk melihat kebelakang dan menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan seperti Pemuda membangun desa, Sepak Bola Pemuda CUP, pelatihan seperti bengkel, dan berbagai lomba karya pemuda.

Lebih lanjut Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH, menyampaikan kebanggaannya dan mengapresiasi kontribusi serta kerja keras para alumni KNPI Kabupaten Kuningan dalam menjaga Kuningan, Jawa Barat, dan NKRI. Melalui pelantikan dan Rakerda ini, diharapkan semangat dan dedikasi para alumni KNPI Kabupaten Kuningan semakin terpacu untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Husni F Mubarok, perwakilan DPD Korps Alumni KNPI Jawa Barat, memberikan dorongan dan motivasi kepada para alumni KNPI Kabupaten Kuningan untuk menjalankan perannya dengan komitmen. Ia menyebutkan pentingnya sinergi yang kuat antara alumni KNPI dan  KNPI Kabupaten , pemerintah, masyarakat, dan pihak lainnya agar dapat mencapai perubahan positif dan kemajuan yang berkelanjutan. Pemuda adalah pemimpin kaum muda Indonesia, oleh karena itu semanga harus tetap muda dengan membudayakan keinginan untuk terus maju.

Pelantikan dilakukan oleh Perwakilan DPD Korps Alumni KNPI Jawa Barat, Husni F Mubarok, berdasarkan Surat Keputusan Nomor: SK-001/A.1/DPD-KA-Jabar-KNPI/VII/2023 tentang Reposisi dan restrukturisasi Susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Korps Alumni KNPI Kabupaten Kuningan masa bhakti 2023-2026. Surat Keputusan tersebut ditandatangani oleh Ketua DPD Korps Alumni KNPI Provinsi Jawa Barat, H. Dian Rahadian, SH, MH, dan Sekretaris Dr. Abdy Yuhana, SH, MH.

Susunan kepengurusan terdiri dari Dewan Kehormatan yang dipimpin oleh H. Momon Rochmana, MM, Ketua H. Yayan Sofyan, MM, Dewan Penasehat Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kuningan selaku ketua, Dewan Pimpinan Daerah yang dipimpin oleh Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si sebagai ketua, Wakil Ketua I Masyuri, S.Pd, Sekretaris Uus Yusuf, SE, Bendahara Abidin, S.Pd, M.Si, dan beberapa Koordinator cabang. (IKP/DISKOMINFO/PROKOMPIM)