20 Juli 2024
oleh

Pelajar SD,SMP, dan SMA, Yuk Ikut SVP Innovation Fair 2022 “Eco-Friendly School”

-Berita-401 Dilihat

Pelajar SD,SMP, dan SMA, Yuk Ikut SVP Innovation Fair 2022 “Eco-Friendly School”

By Admin 08 Februari 2022 27 Views

KOTA BEKASI – Selasa, 8 Februari 2022

KOTA BEKASI – Komunitas Sekolah Victory Plus (SVP) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengadakan acara Lomba SVP Innovation Fair 2022 dengan total hadiah lebih dari Rp 20 juta dan Piala Bergilir Wali Kota Bekasi. Acara yang diinisiasi oleh Komunitas SVP ini sebagai salah satu bentuk dukungan dan partisipasi SVP dalam mewujudkan Visi dan Misi Kota Bekasi yaitu Bekasi Cerdas dan Kreatif.

Sasaran acara adalah terkumpulnya ide inovasi dari insan pendidikan untuk mendukung Gerakan Eco-Friendly yang dapat diimplementasikan di sekolah dan tersedianya lingkungan yang sehat dan aman bagi seluruh komunitas. 

Gerakan Eco-Friendly sudah harus diterapkan di sekolah untuk mengajarkan anak sejak dini mengenai hidup sehat dan kebiasaan hidup ramah lingkungan yang dapat menyelamatkan bumi dari kerusakan.

Ide inovasi yang dapat diterapkan di sekolah dalam Lomba SVP Innovation Fair 2022 meliputi:
1. Konservasi keanekaragaman hayati
2. Tantangan perubahan iklim
3. Efisiensi energi
4. Pengolahan dan konsumsi makanan
5. Menjadi bagian dari komunitas global
6. Kesehatan dan kesejahteraan
7. Manajemen sampah
8. Pelestarian sungai dan laut
9. Lingkungan aman dan sehat di sekolah
10. Transportasi yang efisien dan ramah lingkungan
11. Manajemen daur ulang
12. Manajemen sumber daya air

Ada 3 kategori kompetisi yaitu Kategori Rancang Sebuah Inovasi Produk, Kategori Rancang Sebuah Solusi, dan Kategori Ciptakan Karya Seni/Lagu, serta 1 kategori khusus yaitu Kategori Insan Terinovatif. 

Kategori Rancang Sebuah Inovasi Produk yaitu terciptanya produk dari pendekatan ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan di sekolah. Kategori Rancang Sebuah Solusi yaitu terciptanya ide inovasi (solusi) yang dapat diimplementasikan di sekolah. Sementara Kategori Ciptakan Karya Seni/Lagu yaitu terciptanya karya berupa seni atau video atau lagu yang dapat meningkatkan kesadaran di sekolah.

Adapun hadiah yang akan didapatkan oleh pemenang di masing-masing kategori antara lain Juara I mendapatkan Rp 1.500.000,  Juara II mendapatkan Rp 1 juta, Juara III mendapat Rp 500.000 dan peserta dengan jumlah _like_ terbanyak di Youtube akan mendapatkan Rp 500.000.  Khusus untuk Kategori Insan Terinovatif, pemenang akan mendapatkan Rp.1.500.000 dan Piala Bergilir Wali Kota Bekasi.

Peserta lomba bisa individu atau kelompok. Hasil karya dapat diserahkan mulai 2 Februari-5 Maret 2022. Peserta merekam presentasi dalam video lalu mengunggah video melalui akun pribadi atau sekolah di Youtube dengan hashtag #svpinnovationfair2022. Proses penjurian dilakukan melalui unggahan video. Pengumuman pemenang dilaksanakan 12 Maret 2022 melalui media sosial. Pemenang akan melakukan presentasi secara langsung di Sekolah Victory Plus. 

Bagi pelajar yang berminat ingin mengikuti lomba, dapat mengakses informasi yang lebih lengkap di tautan https://bit.ly/Innovationfairext atau svp.sch.id

(Humas/DNN)

Tags : Sekolah Victory Plus

Sumber : Bekasikota.go.id