oleh

Pekerjaan Pemeliharaan Irigasi Tersier/Sederhana Desa Mekar Wangi Kecamatan Lebakwangi Patut Diperiksa

-Berita-237 Dilihat

Pekerjaan Pemeliharaan Irigasi Tersier/Sederhana Desa Mekar Wangi Kecamatan Lebakwangi Patut Diperiksa 1

KUNINGAN, kabarSBI.com – Anggaran Dana Desa (DD) Bidang Ketahanan Pangan untuk pisik senilai 20% dari Dana Desa. Desa Mekar Wangi pun mengalokasikan anggaran tersebut untuk Pemeliharaan Saluran Irigasi Tersier/Sederhana yang bertempat di blok wage menurut Kepdes Karna anggaran tersebut senilai Rp. 151.565.000,- dengan volume total 482 meter kanan kiri dengan jumlah pekerja 26 orang udah termasuk tukang dan laden/kenek selama 20 hari dan 5 harinya pekerjanya berkurang jadi 20 orang pekerjaan selesai selama 25 hari kalender.

Menurut Kepdes Karna pekerjaan irigasi tersebut bongkar pasang dan mengakui material batunya masih menggunakan batu irigasi yang lama batunya masih bisa dipergunakan kembali penjelasan Kepdes Karna kepada awak media kabarSBI.com, Rabu 31 Agustus 2022 diruangan kantor Desa Mekar Wangi.

Menurut keterangan Kasi ekbang desa Sobari menjelaskan via telpon WhatsApp ketika di komfirmasi kabarsbi.com bahwa pekerjaan pemeliharaan irigasi dilaksanakan bersama LPM Desa Mekar Wangi ketika ditanya menghabiskan/belanja batu pasir berapa dumtruck dan semen belanja berapa sak, ekbang Sobari menjelaskan bahwa batu belanja 3 atau 4 dumtruck pasir lupa lagi berapa dumtruck karena yang belanjanya Pak Ahim kalau semen belanja dan habis 150 sak menggunakan semen garuda, volume total irigasi 482 meter kanan kiri jadi panjang irigasi kanan 241 meter dan kiri 241 meter ada pelebaran irigasi yang tadinya sekitar 80cm menjadi satu meter lebih kisaran 1,2 meteran dan ada berapa puluh meter irigasi lama yang masih kuat bangunannya itu tidak dibongkar.

Menurut salah seorang pekerja yang sudah terbiasa mengerjakan pekerjaan bangunan dan irigasi dengan volume total 482 meter itu kalau dari nol pekerjaan diperkirakan bisa menghabiskan batu 31 dumtruck, 12 dumtruck pasir dan 300 kantong semen untuk HOK yang berjumlah 26 orang selesai pekerjaan 25 hari, selama 20 hari 26 orang dan 5 hari berkurang jadi 20 orang itu sekitaran 52 juta (termasuk pemberdayaan).

Anggaran yang dianggarkan Pemdes Mekar Wangi sebesar Rp. 151.565.000,- ini hanya belanja batu 4 dumtruck yang idealnya kalau dari 0 nol pekerjaan 31dumtruck, dan semen garuda pun hanya 150 kantong yang idealnya dengan volume total 482 meter ini bisa menghabiskan 300 sak kantong semen,ada dugaan markup anggaran kabarSBI.com meminta APH untuk melakukan pemeriksaan terkait pelaksanaan kegiatan pekerjaan tersebut jangan sampai anggaran pemerintah jadi bancakan oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan untuk pribadi dan atau golongannya. (dans/red)

Pekerjaan Pemeliharaan Irigasi Tersier/Sederhana Desa Mekar Wangi Kecamatan Lebakwangi Patut Diperiksa 2

Baca Artikel Aslinya