oleh

PARAH !!! Banjir Setinggi Paha Orang Dewasa Rendam Kampung Cicerewed Desa Cijayanti Bogor

-Berita, Utama-500 Dilihat

PARAH !!! Banjir Setinggi Paha Orang Dewasa Rendam Kampung Cicerewed Desa Cijayanti Bogor 239

BERITA BOGOR – Parah, Banjir Setinggi Paha Orang Dewasa Rendam Rumah Warga Kampung Cicerewed Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang, Rabu (4/5/2022) sore.

Peristiwa banjir yang melanda kampung tersebut dialami warga sejak bulan Desember 2021 yang bersumber dari luapan Sungai Cisarapati. Disekitar sungai juga sedang deras pembangunan cluster-cluster kawasan Sentul City.

“Banjir kali ini lebih besar dari peristiwa sebelumnya, tidak ada korban jiwa, namun warga terpaksa mengungsikan anggota keluarganya ketempat yang lebih aman,” kata Abdul, korban banjir di Kampung Cicerewed.

Dalam rekaman video yang dikirim Abdul kepada Berita Bogor terlihat tinggi air berwarna coklat tersebut mencapai paha orang dewasa, bahkan sejumlah rumah warga ada yang terendam hampir mencapai plafon atap rumah. 

Video https://youtu.be/ioiVObkN4zY

BANJIR LAGI
https://beritabogor.com/puluhan-rumah-warga-kampung-cicerewed-tergenang-air-lagi/

Hujan dengan intensitas cukup tinggi yang berdurasi cukup lama, Jum’at (15/4/2022) malam, kembali mengguyur wilayah Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Puluhan rumah warga Kampung Cicerewd pun tergenang air hingga mencapai ketinggian -+40 cm.

Diduga akibat berkurangnya lahan resapan air dan daya tampung Sungai Cisarapati yang tidak lagi memadai sehingga genangan air tak terbendung lagi menggenangi puluhan rumah warga.

Menyikapi kejadian itu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Fakhru Rizal, mengatakan akan mengeluarkan rekomendasi agar aliran sungai tersebut dikembalikan sebagai mana fungsinya. Hal ini terkait solusi antisipasi banjir di Kampung Cicerewed untuk saat ini perlu realisasi dan normalisasi sungai.

Baca juga :  Alumni SMPN 9 Bogor Berbagi

“Dikarenakan apabila hujan dengan intensitas tinggi dan cukup lama aliran sungai tersebut akan meluap kembali. maka itu saya akan menyampaikan kepada dinas terkait untuk menindak lanjuti permasalahan warga kampung Cicerewed agar bisa menanggulangi banjir yang terjadi secara terus menerus bila terjadi hujan,” katanya melalui pesan singkat, Sabtu (16/4/2022).

Ia mengatakan akan dicari sumber permasalahannya agar dilakukan tindakan, dan dari komisi III DPRD Kabupaten Bogor akan terjun langsung kelapangan untuk mengetahui sumber masalah yang terjadi di Kampung Cicerewed Desa Cijayanti Kecamatan babakan madang. “Kita udah dua kali melakukan audensi dengan masyarakat, yang pertama perumahan sanctuary sentul dan edi city sentul,” terangnya.

Sementara, Sekretaris Desa Cijayanti, Komarudin, mengatakan pihaknya telah terjun ke permukiman untuk mendata rumah warga yang tergenang air dan menelusuri penyebab banjir tersebut.

“Kami tadi malam langsung terjun ke kampung Cicerewed yang kebanjiran lagi dan kepala desa langsung turun kelapangan melihat situasinya bersama Ini terjadi karena tidak adanya keseimbangan antara volume air dan tempat daya tampung di sungai Cisarapati sehingga menggenangi permukiman warga.” ucapnya dihubungi wartawan.

Ia menjelaskan, pihak pemerintah desa dan muspides serta perusahaan juga sebelum terjadinya banjir sudah berupaya melakukan normalisasi sungai tersebut dengan pengerukan tanah dan perbaikan jalan desa. (*)

Baca juga :  Kepala Desa Cijayanti H.Ahmad Paojan S.Keb mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M

DEMONSTRASI
https://beritabogor.com/warga-terdampak-banjir-demo-pt-bbh-sentul/

Hujan deras lagi, akhir tahun ini di Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang ada kampung Babakan Cicerewed RT 05 RW 01 yang langganan terendam banjir lagi.

Warga merasa heran karena saat hujan deras dengan intensitas tinggi pasti terjadi banjir lagi. Bulan Desember 2021 ini banjir terjadi pada Senin (20/12) sore kemarin, dan Selasa (21/12) siang.

Hal ini membuat warga mulai curiga terhadap proyek pembangunan disekitar perkampungan tersebut. Kecurigaan itu memicu demo warga, Selasa (21/12/2021) sore, yang secara tidak langsung tertuju pada dugaan adanya pembangunan PT BBH kawasan Sentul yang tak jauh dari permukiman warga. “Selama ini belum pernah ada kejadian rumah warga kebanjiran seperti ini,” ucap Abdul warga RT 05/01, Rabu (22/12/2021) sore.

Warga banyak yang kesal, kata Abdul, karena baru saja membersihkan lumpur yang masuk kedalam rumah tapi terjadi banjir lagi. “Warga kompak, pas banjir surut ramai – ramai demo ke PT.BBH Sentul mendesak untuk bertanggung jawab. Warga kampung Cicerewed juga berharap kepada pemerintah untuk menyelidiki penyebab banjir.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Desa Cijayanti, Komarudin, bahwa akibat adanya bencana tersebut beberapa kepala keluarga mengalami dampak tersebut yang cukup serius. Juga karena adanya salah satu pengerjaan jembatan culvort yang belum selesai sehingga terjadi tidak adanya keseimbangan antara volume air dan tempat daya tampung dikali Cisarapati sehingga menggenangi permukiman warga. (*)

Baca juga :  Puluhan Rumah Warga Kampung Cicerewed Tergenang Air Lagi

ALIH FUNGSI LAHAN?
https://beritabogor.com/permukiman-terendam-banjir-akibat-alih-fungsi-lahan/

Diduga lahan resapan air hilang yang berdampak terendamnya permukiman warga Kampung Babakan Cicerewed Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Senin (20/12/2021)

Banjir yang merendam rumah warga di RT 05 RW 01 tersebut diduga kondisi sungai yang tak lagi menampung derasnya air.. Tak hanya itu, adanya pembangunan PT BBH kawasan Sentul City.

“Selama ini belum pernah ada kejadian rumah warga kebanjiran seperti ini. Kejadiannya menjelang sore pas hujan deras disertai angin kencang. Warga berharap kepada pemerintah untuk menyelidiki penyebab banjir ini,” ungkap Abdul, warga Babakan Cicerewed. (*)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya