oleh

Panggung Kreativitas Pelajar Meriahkan Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-654 Cirebon

-Berita, Utama-112 Dilihat

CIREBON – Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-654 Cirebon, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menyelenggarakan panggung kreativitas pelajar, baik tingkat PAUD, SD dan SMP tingkat Kota Cirebon, Senin (24/7/2023) di Gedung Negara Cirebon.

Hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon Edi Suripno, S.IP., M.Si., unsur Forkopimda Kota Cirebon, kepala perangkat daerah, kepala sekolah, hingga camat dan lurah se-Kota Cirebon. 

Kehadiran Wali Kota Cirebon dan Wakil Wali Kota Cirebon pada kegiatan ini disambut antusias para pelajar. Menandai pembukaan kegiatan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta unsur Forkopimda secara simbolis melukis di atas kanvas yang disediakan panitia.

Nashrudin Azis menyampaikan, kegiatan panggung kreativitas pelajar merupakan upaya Pemda Kota Cirebon dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, berbudaya dan unggul dalam segala bidang.

“Ragam kegiatan yang diselenggarakan menunjukkan komitmen menyiapkan generasi penerus yang kuat di zaman modern. Sehingga anak-anak kita siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati diri sebagai anak Indonesia,” kata Azis.

Kegiatan ini juga, kata Azis, merupakan komitmen Pemda Kota Cirebon untuk mengenalkan, menanamkan dan melestarikan eksistensi Budaya Cirebon kepada anak-anak.

“Anak-anak adalah generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pembangunan di masa mendatang,” tuturnya.

Seiring peringatan Hari Jadi Cirebon, lanjut Azis, kegiatan ini juga sekaligus momentum peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023.

“Kita tidak dapat menyangkal masa depan bangsa ini berada di tangan mereka yang hari ini masih berusia anak-anak. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa,” ungkapnya.

Pihaknya mendorong seluruh keluarga di Kota Cirebon untuk benar-benar mewujudkan keluarga sebagai lembaga pertama dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak. 

Hak-hak anak yang dimaksud adalah hak mendapat pendidikan, bermain, mendapatkan identitas, akses kesehatan, rekreasi, serta hak untuk berkembang sesuai dengan kemampuan intelektual serta perkembangan usianya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi ke-654 Cirebon, Kadini, S.Sos., menjelaskan, ada lima perlombaan yang digelar, yakni mewarnai, solo vocal, baca puisi, tari dan fashion show.

“Pesertanya ada yang dari tingkat TK, SD dan SMP. Bahkan ada partisipasi dari SMA. Bazar juga sama, dari 38 tenan ada dari sekolah, Dharma Wanita, PKK hingga UMKM Kota Cirebon,” paparnya.

Pada agenda panggung kreativitas pelajar ini, kata Kadini, seluruh pelajar di Kota Cirebon dilibatkan. Kedatangan pelajar tiap sekolah digilir agar tidak terlalu padat.

“Pelajar yang dating ini kita kerahkan dari semua sekolah dan bergilir. Sehingga mereka ikut merasakan dan terlibat dalam kegiatan peringatan hari jadi,” katanya.

Usai membuka kegiatan, Wali Kota Cirebon dan Wakil Wali Kota Cirebon beserta Forkompimda dan jajaran pejabat Pemda Kota Cirebon turut menyambangi sejumlah tenan bazar dan berbelanja.