oleh

Mewujudkan Sehat Jasmani dan Ekonomi Masyarakat

Malang, (malangkota.go.id) – Di tengah mulai melandainya dan terkendalinya pandemi Covid-19,  berbagai aktivitas masyarakat di sejumlah daerah mulai dilonggarkan, termasuk di Kota Malang. Hal inilah salah satu faktor yang mendasari Malang Tahes Club (MTC) untuk menggelar olahraga bersepeda bersama atau fun bike pada Sabtu (10/9/2022).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama istri, Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial serta para pihak foto bersama usai menyerahkan santunan kepada anak yatim dalam rangkaian gelaran fun bike, Sabtu (10/9/2022).

Diberangkatkan dari halaman Balai Kota Malang gelaran ini diikuti 1.200 peserta dari berbagai unsur masyarakat seperti kalangan ASN, pengusaha, TNI, komunitas dan warga. Peserta menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Malang seperti jalan Basuki Rahmad, Jalan Gatot Subroto, Jalan Ijen dan finish di Jalan Veteran.

Usai mengikuti acara bersepeda dan senam bersama, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji memberi apresiasi kepada penyelenggara. Pasalnya, selain pesertanya sangat banyak juga melibatkan pelaku usaha kecil atau UMKM sehingga ekonomi masyarakat turut bergeliat. “Dari kegiatan ini maka masyarakat akan sehat secara ekonomi dan jasmani. Saat pandemi Covid-19 terkendali seperti saat ini maka semua harus bergerak dan bangkit dari keterpurukan,” ajaknya.

Lebih jauh pria berkacamata itu menyampaikan, meski bangsa ini sekarang sedang berduka karena naiknya harga BBM, namun ketahanan pangan dan ketahanan kehidupan yang lain masih kondisi cukup optimis atau dipertahankan dengan baik. Sehingga ke depan bagaimana mobilitas ekonomi dari hari ke hari semakin dikuatkan dan belanja UMKM ditingkatkan.

“Salah satu di antaranya adalah kegiatan pada hari ini yang dapat menjadi salah satu tonggak bagaimana menguatkan ekonomi di tingkat daerah sampai ke tingkat pusat. Mari kita bersemangat dan tanamkan optimisme yang tinggi agar apa yang kita harapkan terealisasi dengan baik,” ungkap Sutiaji.

Pernyataan senada disampaikan Panglima Devisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial usai bersepeda bersama Wali Kota Sutiaji. Menurutnya, dengan persatuan dan bergerak bersama, sesuai tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, maka ekonomi masyarakat akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. “Semua lapisan masyarakat hendaknya selalu optimis sehingga kehidupan masyarakat tidak lagi dihantui pandemi atau wabah apa pun lagi nantinya,” pesannya.

“Sudah beberapa tahun ini aktivitas kita dibatasi karena adanya pandemi Covid-19, namun sekarang sudah mulai kembali normal. Dari kondisi ini kita berharap kegiatan ekonomi juga bertumbuh dengan baik. Tentunya rangkaian ini akan berjalan dengan selaras karena makin banyak orang berkegiatan di luar maka ekonomi juga akan bertumbuh. Ini harapan kita dan yang paling penting adalah kita semua sehat,” urainya.

Dari olahraga bersepeda bersama yang juga dalam rangka memeriahkan HUT RI ini juga diharapkan turut lebih menguatkan jalinan silaturahmi. Terutama antara pejabat Pemkot Malang, jajaran TNI, pengusaha, komunitas dengan masyarakat umum. (say/ram)

Kabar Terbaru