oleh

Menko PMK Imbau Pemudik Arus Balik Berbagi Waktu Istirahat di Rest Area

Menko PMK Imbau Pemudik Arus Balik Berbagi Waktu Istirahat di Rest Area 1JAKARTA, kabarSBI.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau kepada pemudik arus balik untuk berbagi waktu istirahat di tempat peristirahat atau rest area jalan tol.

“Kalau merasa lelah silakan beristirahat di rest area, tapi jangan terlalu lama karena pengendara lain juga punya hak menikmati rest area itu,” ujar Menteri Muhadjir di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Senin (24/4/2023).

Muhadjir memahami bahwa rest area memang diperuntukkan pengemudi beristirahat. Namun hal itu sebaiknya dilakukan dalam kondisi normal.

“Rest area memang normalnya untuk istirahat tapi karena sekarang sedang tidak normal maka gunakan seperlunya seperti untuk beli makanan, ke toilet, jangan untuk tidur atau berlama-lama,” tutur Menteri Muhadjir.

Sebagai alternatifnya, Muhadjir mengajak pemudik arus balik agar memanfaatkan tempat peristirahatan yang berada di luar jalur tol atau di jalur alternatif.

“Apabila memang sangat lelah sebaiknya keluar ke gerbang tol terdekat, kemudian istirahat sebentar atau wisata kuliner juga nanti masuk kembali tanpa dikenai beban biaya. Jadi, untuk mereka yang keluar untuk istirahat yang agak lama dan kemudian masuk lagi tidak akan dikenai biaya tambahan,” jelas Menteri Muhadjir.

Menteri Muhadjir juga mengimbau pengendara agar tidak berhenti sembarangan beristirahat di bahu jalan karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. (simon/red)

Baca Artikel Aslinya