Beranda Berita Mencicipi Wedang Dongo

Mencicipi Wedang Dongo

13
0

Kota Solo terkenal sebagai Kota Kuliner yang didalamnya terdapat banyak tempat kuliner. Warung Dongo Untung merupakan salah satunya, yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Wedang Dongo Untung menjadi salah satu wedangan paling legendaris di Solo. Alamatnya ada di Jalan RE Martadinata, area Warung Miri, Solo. Sajiannya komplit seperti sekoteng, wedang asle. Makanan ringan khas Solo dan yang paling populer yaitu resep turun menurun wedang dongo Pak Untung.

Wedang dongo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wedang ronde. Dalam seporsi wedang dongo, dapat ditemukan racikan kacang, kolang-kaling, dan bulatan ketan berisi kacang halus yang ditumbuk seperti ronde. Namun bedanya, kuah wedang dongo berwarna lebih coklat dengan rasa jahe yang lebih kuat daripada wedang ronde.

Wedang Dongo paling nikmat diseruput saat malam Wedang Dongo dahulunya merupakan minuman khusus keluarga kerajaan. Tapi kemudian, seiring berjalannya waktu, minuman ini merakyat dan dapat dinikmati masyarakat luas. Selain itu wedang dongo biasanya juga digunakan untuk upacara keagamaan. Wedang dongo ini juga jadi sajian khusus sebelum Imlek yang biasanya ada sembahyangan dongo.

Warung Donga Untung buka setiap hari, mulai pukul 15.00 WIB – 22.30 WIB. Harga wedang dongo Pak Untung cukup terjangkau, yakni Rp10.000 ,-