oleh

Masuk Enam Besar, Tim Provinsi Klarifikasi Posyandu Dahlia Desa Cisantana

-Berita-144 Dilihat

KUNINGAN – Posyandu Dahlia Desa Cisantana Kecamatan Cigugur menjadi kebanggaan Kabupaten Kuningan karena berhasil masuk dalam enam besar nominasi Lomba Posyandu Berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat. Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat, Kamis (3/8/2023), melakukan klarifikasi lapangan  langsung ke lokasi untuk memastikan bahwa kriteria lomba terpenuhi dengan baik.

Klarifikasi lapangan mulai dari Sekretariat Pokjanal Posyandu Kabupaten Kuningan di Kantor DPMD, selanjutnya ke Desa Cisantana dengan kegiatan ekspos Ketua Posyandu Dahlia, kunjungan ke Dapur Obigacis, klarifikasi lapangan di Posyandu, klarifikasi lapangan sekretariat Pokja Posyandu Desa dan Pokjanal Kecamatan.

Dalam pemaparannya, Ketua Posyandu Dahlia Desa Cisantana, Wawan Hermawan, menjelaskan bahwa Posyandu memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan karena pelayanannya telah berkembang menjadi multifungsi dan terintegrasi. Upaya untuk mencapai posyandu yang mandiri dan unggul (Posyandu Maju) telah dilakukan dengan serangkaian tahapan, termasuk peningkatan kompetensi pengelolaan posyandu, peningkatan organisasi, advokasi kebijakan posyandu, kemitraan dan partisipasi, serta integrasi pelayanan posyandu.

Wawan Hermawan,  menyampaikan berbagai program inovatif yang telah dijalankan oleh posyandunya. Program-program inovasi tersebut meliputi Obigacis (Olahan Gizi Balita Cisantana), UP2K (Usaha Peningkatan Ekonomi Keluarga), Gerimis (Gerakan Minum Susu Sapi), Bank Darah (Gerakan Donor Darah), Kampung Toleransi, Germaji (Gerakan Magrib Mengaji), Ngabaca (Ngajak Barudak Maca), Anak Buyur (Kegiatan Anak Makan Buah dan Sayur), Bunda Ita (Ibu Datang Interaksi Menimbang Balita), Lasera (Lansia Sehat Gembir), dan Kamusera (Kader Muda Senang Literasi).

Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, SH, MSi., mengatakan, semoga dengan prestasi yang telah diraih oleh Posyandu Dahlia ini, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat memberikan kemanfaatan yang optimal untuk kesehatan anak, ibu, dan lansia beserta kepedulian terhadap lingkungan. Bahkan adanya pengembangan integrasi pelayanan sosial dasar. Sehingga akan menjadi contoh juga bagi Posyandu yang lainnya.

Wabup Ridho mengatakan melalui klarifikasi ini akan menjadi motivasi dalam penyelenggaraan, perkembangan program inovasi Posyandu sehingga Posyandu di Kuningan lebih mandiri dan menjadi contoh dalam rangka mewujudkan visi “Kuningan Maju Berbasis Desa Tahun 2023” dan mendukung “Jabar Juara Lahir Bathin”.

“Perkembangan Posyandu di Kabupaten Kuningan telah mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah Posyandu Mandiri meningkat dari 344 pada tahun 2019 menjadi 690 pada tahun 2022, dengan presentasi Posyandu Mandiri mencapai 48%. Hal ini menunjukkan komitmen dan upaya keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat,” ungkap M. Ridho.

Selain itu, M. Ridho Suganda menyampaikan bahwa kader Posyandu Melati Desa Mandirancan, Ani Yuliani, yang berhasil meraih juara 1 dalam lomba kader berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat, saat ini tengah mengikuti Lomba Kader Posyandu berprestasi tingkat nasional. Kabupaten Kuningan berharap Ani Yuliani dapat meraih prestasi yang membanggakan dan menjadi kebanggaan tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, tetapi juga Jawa Barat secara keseluruhan. Begitu juga Posyandu Dahlia akan menjadi yang terbaik.

Ketua Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat, Lisa Avianty, M.KM, yang juga Kabid KPPM pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jabar, memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Posyandu Dahlia Desa Cisantana. Dia mengatakan bahwa ini sebagai bentuk dukungan dari pemerintah desa, kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten, beserta pihak lainnya.

“Tunjukkan bahwa Kuningan dengan Posyandu Dahlia mampu menjadi yang terbaik, kendati Ketua Posyandunya pria. Penilaian lapangan ini dilakukan dengan seksama untuk memastikan bahwa kriteria lomba terpenuhi dengan baik,” katanya.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kuningan, Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, SE, Ketua Pokjanal Posyandu Kabupaten Kuningan beserta jajarannya, Mitra Pokjanal Posyandu Kabupaten Kuningan, Camat Cigugur beserta pengurus Pokjanal Posyandu Kecamatan Cigugur, Kepala Desa Cisantana beserta pengurus Pokja, Posyandu Desa Cisantana, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lainnya. (IKP/DISKOMINFO)