oleh

Lurah Tanjungrejo Ingin Kikis Kemiskinan Dengan Pemberdayaan

-Berita-94 Dilihat

Sukun (malangkota.go.id) – Disalurkannya bantuan pangan berupa beras kepada 1.515 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun Kota Malang, Selasa (18/4/2023) sangat membantu warga, terutama warga yang masuk dalam kategori kurang mampu. Pasalnya di Kelurahan Tanjungrejo warga yang membutuhkan bantuan terhitung masih sangat banyak.

Lurah Tanjungrejo, Muhamad Abdul Aziz (paling kanan) saat mendampingi Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat salurkan bantuan pangan

Hal itulah yang disampaikan Lurah Tanjungrejo, Muhammad Abdul Aziz di sela-sela acara penyerahan bantuan beras. Seiring masih tingginya warga yang tergolong kurang mampu, lanjutnya, maka pihaknya masih membutuhkan berbagai dukungan, terutama terkait dalam upaya penguatan ekonomi kerakyatan.

“Kita saat ini mempunyai 325 usaha kecil baru yang dimotori warga dan lahir setelah pandemi Covid-19. Kami pun sudah bersinergi dan berkoordinasi dengan dengan Diskopindag Kota Malang yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan program pemberdayaan seperti pelatihan dan pendampingan,” beber Aziz.

Namun demikian, semua itu tetap berkonsentrasi terhadap kearifan lokal dan tidak saling menunggu. Kreativitas warga pun mulai tampak karena ketika saat dapat bantuan sudah mulai jalan atau direalisasikan. “Usaha kecil warga ini didominasi kaum ibu-ibu berupa usaha peracangan dan makanan ringan. Beberapa waktu lalu di enam titik ada kegiatan sosialisasi bagi pelaku usaha, karang taruna, anggota linmas dan Karang Werda,” ungkap Aziz.

Dari program dan mulai bergeliatnya sejumlah usaha warga ini, pria ramah iitu berharap agar nantinya lambat laun angka kemiskinan akan terus terkikis. “Kami juga tidak menutup diri, mungkin dari pihak ketiga yang ingin berpartisipasi dalam merealisasikan hal tersebut. Kalau memang ada maka kami akan sangat berterima kasih,” imbuhnya.

Dengan melibatkan lebih banyak pihak, maka program untuk terus menekan angka kemiskinan akan semakin cepat. Selain itu, berbagai potensi yang ada di masyarakat akan tergali, yang pada akhirnya akan membuka peluang usaha baru. “Salah satu program utama kami di kelurahan saat ini adalah meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkas Aziz. (say/yon)