oleh

Lokakarya Wawasan Kebangsaan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor

-Berita-221 Dilihat

Lokakarya Wawasan Kebangsaan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor 231

BERITA BOGOR – Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor menggelar Lokakarya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi anggota Pramuka, Sabtu (11/12/2021).

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Agus Ridallah. Dalam kesempatan itu,Waka Kwarcab Kabupaten Bogor dan beberapa pengurus kwarcab juga hadir.

Kegiatan yang digelar di Aula Graha Pandu, Cibinong ini diikuti oleh anggota Pramuka utusan dari 40 kwartir ranting ada di Kwarcab Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Agus Ridallah mengatakan bahwa arus informasi dan globalisasi di era saat ini sangat berdampak terhadap peserta didik anggota Pramuka.

“Sekarang negara membutuhkan untuk bagaimana generasi muda memliki wawasan kebangsaan. Dalam hal ini salah satu komponen yang memliki kemampuannya yaitu Gerakan Pramuka,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Andalan Bela Negara Kwarcab Kabupaten Bogor, Kolip mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah membina dan mengajak cinta tanah air, membela negara supaya tidak gampang terpengaruh oleh ajakan dan rayuan orang lain terkait hal-hal yang kurang baik.

“Masing-masing kwarran nantinya disampaikan kembali anak didiknya atau ke siswa wawasan bela negara ditingkatkan lagi,” ujar Kolip.

“Harapannya angota Pramuka antusias dalam membina serta mengajak wawasan kebangsaan ini. Kemungkinan besar responnya sangat tinggi oleh anggota pramuka,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu pemateri dari Kodim 0621 Kabupaten Bogor Roni Susanto menjelaskan, bela negara merupakan sikap, perilaku, dan tindakan warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjami kelangsungan bangsa dan negara seutuhnya. Tujuan bela negara yaitu untuk mencapai keamanan, kedamaian, ketentraman, dan kesejahteraan.

“Penerapan bela negara tidak hanya TNI dan Polri. Adapun warga masyarakat termasuk komponen cadangan berperan dalam menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

(Kominfo Kwarcab Pramuka) 

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya