oleh

Lewat Kampanye Gemarikan, Bupati sebut pemenuhan Gizi masyarakat bisa terpenuhi

-Berita-75 Dilihat

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. melauncing Kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang di tandai dengan Penyerahan secara simbolis bantuan sarana dan prasaran pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, Selasa (22/12/2021) di Balai Desa Timbang, Kecamatan Cigandamekar.

Melalui kampanye GEMARIKAN ini, kata Bupati akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan, karena apabila anak-anak kita gemar makan ikan kedepan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan terima kasih kepada perwakilan kepala  dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa barat yang sudah hadir untuk mengikuti acara kampanye gerakan memasyakatkan makan ikan secara bersama-sama. saya percaya bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebagai wujud kepedulian kita terhadap bangsa negara dan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati juga menekankan, dengan banyak nya manfaat yang terkandung di dalam ikan untuk manusia, terutama anak-anak. Sehingga perlu di dorong untuk anak-anak untuk gemar makan ikan.

“Agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan di masa yang akan datang, maka bukan ajaa generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan tetapi juga mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik, seperti asupan yang sehat dan bergizi (thayyib) sangat bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak-anak,” tuturnya.

Perwakilan dari dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa barat menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya untuk menambah pengetahuan dalam bidang pengolahan dan pengelolaan makanan yang dapat memenuhi asupan gizi yang baik dengan mengkonsumsi Ikan, untuk mencegah masalah kekurangan gizi dan terjadinya stunting.

“Kita akan selalu berkoordinasi kedepannya untuk selalu mengkampanyekan dan mensosialisasikan kegiatan Gemarikan kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kuningan sekaligus Ketua Forikan Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya sosialisasi untuk masyarakat agar selalu mengkonsumsi ikan, biak ikan secara langsung maupun ikan olahan.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan rangsangan bagi kita agar terbentuk keluarga yang sehat, kat dan cerdas sehingga terhindar dari stunting,” harapnya.

Kemudian, Ketua Panitia Kampanye Gemarikan Denny Rianto, S. Pi., M. Si. menyampaikan  untuk sasaran Kampanye Gemarikan adalah sebanyak 200 orang yang terdiri dari 85 orang anak stunting dan siswa SD/RA/PAUD sebanyak 40 orang di wilayah Desa Timbang Kecamatan Cigandamekar dan 75 peserta lainnya.

“Kegiatan ini untuk menyadarkan anak-anak berapa pentingnya gizi dalam masa pertumbuhan dan mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan sebagai upaya perbaikan gizi masyarakat dan terhindar dari stunting serta memperkenalkan berbagai olahan makanan gang berbahan dasar ikan dengan biaya yang cukup ekonomis dan mudah diolah serta meningkatkan taraf asupan gizi dan kecerdasan anak-anak dalam masa pertumbuhan,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Yuana Ridho Suganda, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si. , dan undangan lainnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Kabar Terbaru