oleh

Lava Bantal Berbah Sleman , Berkah dari Gunung Merapi

-Wisata-255 Dilihat

Wilayah Jogja memang terdapat banyak tempat wisata alam dan edukasi. Kali ini  Lava Bantal di daerah Berbah – Sleman , Yogyakarta. Lava bantal merupakan kawasan Geologi atau Geo heritage yang sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Tempat ini disebut lava bantal karena batuan yang terbentuk dari lelehan lava gunung merapi yang membeku dan membentuk tumpukan seperti bantal kasur, sehingga penduduk sekitar sering menyebutnya dengan Lava Bantal.

Lava Bantal
Lava Bantal di Daerah Sleman Yogyakarta

Dikelola oleh Dinas Pariwisata Daerah Sleman sebagai wisata edukasi. Lava bantal menyuguhkan keindahan bantuan lava yang membeku serta aliran sungai yang jernih. Selain itu pemandangan sekitar yang masih asri dan sejuk sangat menyenangkan. Untuk saat ini lava bantal juga menawarkan wisata tubing bagi yang ingin bermain air. Sedangkan untuk yang suka berfoto ria, tempat ini juga banyak spot bagus untuk berfoto baik untuk modeling maupun landscape.

Lava Bantal
Lava Bantal

Fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup lengkap. Fasilitas yang ada diantaranya yaitu gasebo, pendopo, toilet, warung makan, tempat parkir yang luas. Untuk kalian yang ingin bersantai ke tempat ini tidak perlu khawatir karena fasilitas di tempat ini sudah cukup memadai.

Akses Menuju Lokasi

Lokasi lava bantal terletak di  jalan Berbah – Prambanan, Berbah, Kalitirto, Sleman, Yogyakarta. Akses ketempat ini juga tidak terlalu sulit namun untuk sampai ketempat ini jalan yang dilalui cukup kecil. Rute apabila ingin ke lava bantal silahkan menggunakan rute jalan raya berbah kemudian terus ke arah barat sampai panti asuhan Bakti luhur. Dari panti asuhan silahkan mengikuti jalan kemudian ambil kanan sampai SD Sumber 1, selanjutnya lurus saja hingga menemukan baliho lava bantal. Tempat wisata lava bantal berad di sebelah kiri jalan.

 

Biaya retribusi masuk ketempat ini Free alias gratis. Untuk berkunjung ketempat ini kalian hanya dikenakan tarif parkir kendaraan saja untuk keamanan kendaraan pengunjung. Untuk biaya parkir dikenakan biaya sebesar Rp.2.000,- untuk motor, Rp.5.000,- untuk mobil, sedangkan untuk bis sebesar Rp.10.000,- saja. Berminat liburan ke Lava Bantal?

Kabar Terbaru