oleh

Lanal Malang Gelar Bakti Sosial Peduli Kesehatan

-Berita-235 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Malang menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan di Balai Kesehatan Lanal Malang Jl. Yos Sudarso No.14 Kasin Kecamatan Klojen, Kamis (24/8/2023). Kegiatan ini meliputi sunatan massal, pemeriksaan gigi, pap smear, pengecekan gula darah, dan diabetes melitus.

Bakti sosial kesehatan di Balai Kesehatan Lanal Malang

Setelah meninjau baksos, Komandan Lanal Malang, Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, S.Pd, M.Tr. Hanla., MM, CRHMP menyatakan bahwa bakti sosial ini adalah bentuk kepedulian TNI AL terhadap masyarakat. Terlebih kaitannya dengan kesehatan yang menurutnya menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat.

“Kesehatan menjadi penopang dan penunjang setiap aktivitas yang harus terus dijaga dengan baik. Karena jika kita sakit, maka berbagai aktivitas atau rutinitas kita akan terganggu,” tutur perempuan ramah itu.

Ditambahkannya, bakti sosial ini juga sebagai bukti nyata sinergi TNI AL dan rakyat. Ditegaskannya bahwa TNI AL hadir saat dibutuhkan masyarakat, sehingga di antara dua unsur ini lebih dekat lagi dan terus saling menguatkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan begitu, disampaikannya maka rakyat juga tidak akan memandang TNI sebagai sosok yang menakutkan tapi sebagai mitra dalam kehidupan. “Ini adalah wujud dari kepedulian TNI AL terhadap masyarakat Malang dan juga perintah dari Bapak KSAL,” jelasnya.

Dari gelaran seperti ini, diungkapkannya maka TNI AL ini menjadi bagian dari masyarakat terutama dalam bagian menjaga kesehatan. “Yang tak kalah penting, keberadaan kita ini memang menjadi kebutuhan bagi masyarakat,” tambahnya.

Baksi sosial kesehatan ini adalah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 September dan 77 tahun organisasi para istri prajurit TNI AL yaitu Jalasenastri yang diperingati setiap tanggal 27 Agustus.

Ratusan warga pun tampak antusias menyambut dan mengikuti bakti sosial. Ke depan, ditekankan Kolonel Dewi sinergi TNI AL dan rakyat ini pun akan lebih dikuatkan lagi melalui sejumlah kegiatan lain, sehingga rakyat merasakan manfaat kehadiran TNI AL. (say/yon)