oleh

Lahan Pertanian Sukamakmur Hilang 15 Persen

-Berita, Utama-506 Dilihat

Lahan Pertanian Sukamakmur Hilang 15 Persen 231

BERITA BOGOR – Desa Sukamakmur Kecamatan Sukamakmur berkomitmen mempertahankan potensi agri bisnis dan lahan hutan

Namun, pihak Desa Sukamakmur mengakui telah kecolongan adanya 15 persen lahan pertanian dijual pemiliknya ke pengembang atau swasta.

Sekretaris Dede Sukamakmur, Dede Iskandar membenarkan adanya lahan pertanian yang dijual pemiliknya kepada pihak swasta. “ada 15 persen lahan pertanian yang dijual meskipun sampai hari lahan tersebut masih digarap menanam padi oleh warga setempat,” ucapnya saat ditemui di kantornya, Rabu (8/12/2021)

Ia mengatakan, selain lahan pertanian juga terdapat potensi perkebunan kopi yang ditanam dilahan seluas 30 hektar oleh sejumlah kelompok tani.

Pihak Desa Sukamakmur juga mendorong BUMDes untuk mengelola obyek wisata Curug Tiga Bidadari bekerja sama dengan Perhutani.

“Kita ingin segera terwujud koperasi tani supaya potensi pertanian perkebunan dan hutan tidak terkikis oleh jaman. Bahkan, Karang Taruna Desa Sukamakmur kita fasilitasi dan diberikan pelatihan pemasaran online supaya ada generasi penerus yang mempertahankan lahan pertanian perkebunan dan hutan,” harap Sekdes.

Berdasarkan data Demografi Desa Sukamakmur Tahun 2019 tercatat permukiman 291,7 hektar, persawahan seluas 218,5 hektar, perkebunan ladang dan hutan 325,1 hektar, pertambakan hanya seluas 2 hektar dan lahan milik Perhutani seluas 490,3 hektar. (bil)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya