13 Juli 2024
oleh

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Belitung Timur Terkait Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bekasi 

-Berita-228 Dilihat

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Belitung Timur Terkait Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bekasi 

By Admin 14 Desember 2021 17 Views

KOTA BEKASI – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi menyambut kedatangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Belitung di ruang rapat Kantor Diskominfostandi Kota Bekasi, Selasa (14/12/2021). 

Kunjungan kerja panitia khusus DPRD Belitung Timur dalam pembahasan Raperda Kabupaten Belitung Timur pada bulan Desember 2021 melakukan studi banding tentang keterbukaan Informasi Publik di Kota Bekasi. Pada kesempatan ini, hadir Kepala Diskominfostandi, Hudi Wijayanto, didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Selamat Gunawan. 

Kepala Diskominfostandi Hudi Wijayanto menyampaikan bahwa terkait pengelolaan informasi publik dikelola oleh PPID Utama yaitu Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi yang dibantu oleh Sekretaris Dinas selaku PPID Pembantu dari semua Perangkat Daerah. 

PPID utama selanjutnya mengarahkan kepada PPID pembantu lingkup Kota Bekasi, dalam tata kelola PPID utama ini juga dilengkapi dengan ruang layanan  atau Desk layanan informasi, serta didukung aplikasi yang terintegrasi dengan PPID pembantu, dalam fiturnya terdapat klasifikasi dan jenis informasi Publik. 

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik  Diskominfostandi Kota Bekasi, Selamat Gunawan menyampaikan bahwa tugas pokok Diskominfostandi terkait keterbukaan informasi publik di Kota Bekasi adalah pengelolaan saluran pengaduan dan kanal publikasi yang dikelola oleh Diskominfostandi Kota Bekasi sebagai layanan keterbukaan publik. 

Call Center 1500444 dan LAPOR SP4N sebagai layanan pengaduan publik, serta kanal media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan website Diskominfostandi serta Pemerintah Kota Bekasi sebagai media publikasi informasi.

Alur pengaduan yang bisa dilakukan oleh masyarakat serta alur tindak lanjut laporan hingga sampai pada realisasi atau penanganan pengaduan sampai dengan selesai di tingkat Perangkat Daerah dipantau langsung oleh pimpinan daerah (Wali Kota), sehingga dengan sistem pengaduan yang telah dibangun diharapkan akan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan informasi publik yang ada di Kota Bekasi. (NR)

Tags : DPRD Kabupaten Bangka Belitung

Sumber : Bekasikota.go.id