oleh

Kreatif, Polresta Malang Kota Sulap Knalpot Brong Sitaan Jadi Karya Menarik

-Berita-164 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang kota selama ini gencar melakukan penindakan terhadap kendaraan yang menggunakan knalpot tidak sesuai standar. Hasil penindakan tersebut, yakni knalpot brong yang disita membuahkan ide kreatif menjadikannya replika robot.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim menunjukkan robot dari knalpot

Ide yang diinisiasi oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes. Pol. Budi Hermanto ini diharapkan juga bisa memberi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan knalpot yang memenuhi standar keamanan dan lingkungan.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim, Senin (18/9/2023) mengungkapkan proses pembuatan Robot Monumen Disiplin ini dikerjakan oleh seniman lokal dari Kota Malang selama tiga bulan. Karya seni menarik dan kreatif ini terbuat dari 210 knalpot hasil sitaan.

Kompol Fani juga berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Hal-hal seperti inilah yang harus terus digaungkan, sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat. “Kita berharap ke depan warga tidak lagi menggunakan knalpot brong,” pesannya.

Yang tak kalah penting, pria berkacamata itu menjelaskan bahwa patung robot ini memiliki sebuah filosofi. Meskipun dibuat dari bahan hasil pelanggaran, namun patung ini mengingatkan bahwa dari hal yang kurang baik, nyatanya tetap bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan indah.

Keberadaan Robot Monumen Disiplin dari knalpot brong inipun berhasil menarik perhatian warga. Salah satunya adalah warga yang tengah mengurus perpanjangan SIM di Polresta Malang Kota, Rara. Dia mengaku butuh beberapa waktu untuk menyadari bahwa patung tersebut terbuat dari knalpot brong.

“Bagus juga dan idenya sangat kreatif. Awalnya saya tidak menyangka kalau robot itu dirakit dari knalpot. Karena bentuknya bagus dan unik, saya tadi sempat mengabadikan di ponsel saya,” ucap perempuan berhijab itu. (say/yon)