oleh

Kota Malang Raih Penghargaan di JDIH Jatim Award 2023

-Berita-220 Dilihat

Surabaya (malangkota.go.id) – Deretan prestasi Kota Malang kembali bertambah. Kali ini Kota Malang sukses meraih penghargaan sebagai Terbaik V Kabupaten/Kota Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Terbaik di Jawa Timur Tahun 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifa Indar Parawansa kepada Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofran Edi Jarwoko dalam rangkaian Upacara Hari Lahir Pancasila di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (1/6/2023).

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofran Edi Jarwoko menerima penghargaan penghargaan sebagai Terbaik V Kabupaten/Kota Pengelola JDIH Terbaik di Jawa Timur Tahun 2023

Ada lima daerah se-Jawa Timur yang menerima penghargaan JDIH Jatim Award ini. Selain Kota Malang, empat daerah lain adalah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Tuban, Kota Surabaya, dan Kabupaten Nganjuk.

“Puji syukur alhamdulillah, sekaligus selamat Kota Malang kembali meraih prestasi. Kali ini penghargaan Kabupaten/Kota Pengelola JDIH terbaik di Jawa Timur untuk tahun 2023,” ucap Wawali Sofyan Edi saat ditemui usai menerima penghargaan.

JDIH sendiri merupakan wadah pendayagunaan bersama berbagai dokumen hukum yang dikelola secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan. Ini menjadi sarana pemberian layanan informasi hukum secara lengkap, akurat, dan mudah. JDIH Kota Malang dapat diakses pada laman https://jdih.malangkota.go.id/

Sejumlah dokumentasi maupun informasi hukum yang disajikan antara lain Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, Keputusan Walikota, maupun Surat Edaran. Sistem JDIH Kota Malang ini merupakan kolaborasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang bersama Bagian Hukum Setda Kota Malang.

“Lewat JDIH ini masyarakat dapat mengakses berbagai produk hukum dengan mudah, dimanapun dan kapanpun. Karena produk-produk hukum Pemkot Malang telah terdokumentasikan dengan baik melalui jaringan ini,” terang Bung Edi, sapaan akrab Wawali Malang.

Terpisah, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang dihubungi usai menjadi inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Balai Kota Malang mengaku bersyukur dengan prestasi yang didapatkan Kota Malang. Disebutkannya penghargaan ini menjadi komitmen Pemerintah Kota Malang dalam menghadirkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) guna mengoptimalkan pelayanan publik.

“Tentu ini adalah komitmen Pemerintah Kota Malang untuk terus menguatkan pelayanan prima. Terlebih di era ini, sudah keterbukaan informasi, dan masyarakat membutuhkan informasi itu dengan cepat dan akurat. Seperti kebutuhan akan dokumentasi dan informasi hukum. Maka kami Pemerintah Kota Malang harus bisa memberikan kemudahan tersebut. Salah satunya melalui JDIH ini,” tutur Sutiaji.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini pun memberikan apresiasianya atas kinerja tim pengelola JDIH Kota Malang. “Penghargaan ini adalah hasil kerja keras super tim Pemkot Malang, bukan semata kerja wali kota atau wawali saja. Tentu apresiasi kami sampaikan kepada seluruh jajaran tim pengelola JDIH Kota Malang. Jadikan ini sebagai motivasi kita untuk terus berinovasi memberikan berbagai kemudahan layanan untuk masyarakat,” pungkasnya. (sfr/yon)