oleh

Korpri Kuningan Kembali Mengukuhkan Anggota Satgas BALADHIKA

-Berita-148 Dilihat

KUNINGAN – Suasana malam yang dingin, dihangatkan diterangi obor menjadi moment indah dan khidmat acara pengukuhan Satgas BALADHIKA KORPRI baru pada apel malam oleh Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Sekda yang juga Ketua DP KORPRI Kuningan, di Bumi Perkemahan Bagarurung, Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma, pada Jumat malam (21/6/2024).

Diklat BALADHIKA yang diselenggarakan DP KORPRI berlangsung mulai tanggal 21 hingga 22 Juni 2024. Para peserta menerima pembekalan, meliputi mitigasi bencana atau upaya pencegahan bencana, bela negara, outbound, siraman rohani, Kekorprian, lintas slam, Fun Game. Selain itu, dilakukan juga Capacity Building bagi Pengurus dan Satker KORPRI

Sekda Dian, sebelum penyematan mengatakan, pada malam hari yang bersejarah ini, kembali mengukuhkan anggota Satgas BALADHIKA KORPRI sebanyak 40 ASN. Ini adalah tahun kedua melaksanakan pelatihan dasar BALADHIKA. “Saya sangat bangga dengan semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh semua peserta,” ungkapnya.

Menurutnya, BALADHIKA yang diambil dari bahasa Sanskerta berarti ‘pasukan pembela bangsa’, merupakan satuan kerja di KORPRI yang bertugas memberikan bantuan teknis operasional kepada KORPRI Kabupaten Kuningan. Para anggota yang dikukuhkan diharapkan siap menghadapi berbagai situasi, terutama dalam kebencanaan dan bela negara.

Dian juga menuturkan, Diklat ini tidak hanya berfokus pada pelatihan aspek teknis, tetapi juga bertujuan untuk membangun jiwa korsa dan solidaritas di antara anggota. Hal ini sangat penting untuk mendukung kinerja pemerintahan, kegiatan DP KORPRI, serta kegiatan sosial, terutama yang berkaitan dengan kebencanaan.

Selain pembekalan teknis dan kegiatan fisik, Sekda Dian menjelaskan, kegiatan ini juga memberikan materi tentang Kekorprian. Materi ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman anggota tentang peran dan fungsi KORPRI. Sehingga sebagai ASN mampu memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Sekda Dian juga menekankan pentingnya kecerdasan sosial dan emosional di samping intelektual. “Kita harus mampu bekerja sama dan berjejaring dengan baik. Tidak ada yang namanya Superman di pemerintahan. Semua pekerjaan, seberat dan serumit apapun, akan dapat dihadapi jika kita bekerja bersama-sama, bergandengan tangan,” katanya.

Lebih lanjut, Ketua pelaksana, Indra Bayu Permana, S.STP, M.Si, didampingi Sekretaris Deni Hamdani, SE, Kp, M.Si, menyebutkan bahwa anggota Satgas BALADHIKA KORPRI tahun 2023 berjumlah 60 ASN. Tahun ini, dengan penambahan 40 ASN baru yang dilantik, diharapkan akan semakin solid kehadiran Satgas BALADHIKA di lingkungan KORPRI.

Pada kesempatan itu, Sekda Dian beserta Pengurus dan Satker menikmati malam dengan turut berkemah bersama Satgas BALADHIKA KORPRI. Sebelumnya ada api unggun. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan BPBD, AKAR dan pihak lainnya. (IKP/DISKOMINFO).