oleh

Konfercab Pagar Nusa, Wibawa Gumbira Terpilih Jadi Ketua

-Berita-285 Dilihat

Kuningan,- Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Kuningan sekarang punya ketua baru yang terpilih pada konferensi cabang yang diselenggarakan di Di Ponpes Al-Fatah Desa Lengkong Kec. Garawangi, Kabupaten Kuningan. Acara ini dibuka Sekda Kuningan Dr H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si.  Sabtu (29/01/2022). Pemilihan Pimcab ini Ketua terpilih  Wibawa Gugum Gumbira, S.STP.

Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, dalam kesempatan itu membacakan Sambutan Bupati, semoga Konferensi Cabang Pagar Nusa Kabupaten Kuningan ini  dapat mengambil keputusan penting, seperti mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan program sebelumnya, menyusun serta menetapkan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan kedepan. Dan  keputusan lain yang sifatnya mendasar serta berhubungan dengan peningkatan peranan Organisasi Pagar Nusa.

“Dalam era keterbukaan harus ada terobosan untuk membuka komunikasi dengan segmen kepemudaan lainnya yang sama berorientasi memberikan pengabdiannya untuk kemajuan masyarakat dan lingkungannya. Terobosan itu, terutama diarahkan dalam mendukung penciptaan SDM kepemudaan secara lebih berkualitas agar siap menghadapi berbagai tantangan dalam situasi dan kondisi  yang sangat kritis sekalipun, “ ungkapnya.

Melalui bekal pengalaman yang cukup panjang, Bupati  mengatakan, bahwa  Pagar Nusa akan siap mengatasi semua tantangan sekaligus pro aktif dan siap berkeringat pada jalur medan perjuangan yang menjadi wilayah pengabdiannya.

Kepada pengurus lama, pemerintah daerah menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian pada masyarakat juga jalinan kerjasamanya selama ini, saya berharap kondisi ini dapat terus berlanjut dan ter-estafetkan kepada kepengurusan yang baru.

Bupati berpesan selamat bertugas dan selamat kepada ketua yang terpilih. Semoga bisa meneruskan perjuangan para sesepuh dan amanah menjalankan tugas untuk Pagar Nusa Kabupaten Kuningan yang pada akhirnya akan memberikan sumbangsih yang terbaik untuk NKRI. Tugas seberat apapun jika dilakukan dengan kebersamaan  akan terasa lebih mudah.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Kuningan, KH Aam Aminudin mengatakan, Sejak 1986, Pagar Nusa silat sudah berdiri sebagai wadah perkumpulan pencak silat. Organisasi yang berada dibawah naungan Nahdlatul Ulama itu menganut kebijakan NU pada pengembangan seni, budaya, tradisi, olahraga pencak silat, dan pengabdian masyarakat. Berdirinya Pagar Nusa silat tidak lepas dari keinginan para ulama untuk menyatukan beragam aliran silat di lingkungan Nahdlatul Ulama dan mengembalikan pencak silat sebagai identitas pondok pesantren.

“Dengan pemimpin baru, pengurus baru semoga pagar nusa kedepan bisa lebih eksis lagi dalam rangka mengawal para kiyai, mengawal NKRI, mengawal ajaran ahlussunnah wal jama’ah” ucap KH. Aam.

Dalam kesempatan itu,  Ketua Pagar Nusa Kabupaten Kuningan sebelumnya,  Alfin Fadilah SH, menceritakan perjalanannya  memimpin Pagar Nusa selama 2 periode ini,  menyampaikan  terima kasih dan merasa bangga bisa memimpin Pagar Nusa Kuningan selama 2 periode ini, saya bukanlah siapa-siapa tanpa jajaran pengurus dan kawan-kawan semua.

“Terima kasih juga kepada seluruh pengurus dan seluruh anggota yang sudah berjuang dalam memajukan Pagar Nusa Kuningan, sebagai mantan ketua dan sebagai kawan, saya ucapkan selamat kepada Gugum semoga dalam memimpin Pagar Nusa Kuningan kedepan bisa lebih maju, lebih eksis lagi seperti yang dikatakan KH.Aam,” ungkap Alfin.

Acara ini turut hadir juga Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pencak Silat Pagar NU Provinsi Jawa Barat H. Asep Saepul Milah.  Ia  berpesan pada para pendekar untuk menjaga adab, akhlak, tunduk patuh pada para kyai, orangtua serta siap membela NU dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara Ketua terpilih Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Kuningan, Wibawa Gugum Gumbira, M.Pd.  menyampaikan,  bahwa Ini adalah Sebuah amanah yang sangat berat, terutama sesuai dengan Visi Pagar Nusa yaitu membela Ulama dan NKRI harga mati sesuai dengan koridor Nahdlatul Ulama. Insya Allah sesuai dengan Visi Agamis yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, saya akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Nahdlatul Ulama di Kabupaten Kuningan, Bismillah. (IKP/DISKOMINFO)