16 Mei 2022
oleh

Kolaborasi Pemerintah Kota Bekasi Dengan USAID Mengatasi Air Bersih, Sanitasi dan Perilaku Higine

-Berita-43 Dilihat

Kolaborasi Pemerintah Kota Bekasi Dengan USAID Mengatasi Air Bersih, Sanitasi dan Perilaku Higine

By Admin 13 Maret 2021 69 Views

KOTA BEKASI – USAID IUWASH PLUS memfasilitasi kegiatan monitoring dan evaluasi partisipatif di Kelurahan Margahayu dan Kelurahan Bekasi Jaya.

Tujuan dari monev partisipatif adalah untuk memetakan permasalahan dan memantau perubahan akses air minum, sanitasi dan perilaku higinis masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak akhir tahun 2018, dirancang selama 4 siklus, setiap siklus diakhiri dengan pertemuan multipihak atau stakeholder meeting seperti yang akan dilakukan pada tanggal 16 Maret 2021 ini. 

Dari kegiatan monev partisipatif telah terdata sebanyak 2196 KK tersebar di 25 RT 9 RW di Kelurahan Margahayu dan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur.  Dari 2196 KK terdapat 509 KK yang masih katagori buang air besar sembarangan. Sebanyak 915 KK sudah memiliki fasilitas sanitasi tetapi belum layak dan 22 KK masih menumpang pada rumah tangga lain. 

Pangsi Patriot Bekasi adalah pertemuan multipihak merupakan titik temu upaya ditingkat masyarakat dan institusi untuk berkolaborasi mengintegrasikan upaya mempercepat peningkatan akses air minum, sanitasi dan perilaku higinis.

Dalam kesempatan pertemuan multipihak ini, akan dipaparkan proses dan data-data hasil dari kegiatan monitoring dan evaluasi partisipatif serta usulan Rencana Kerja Masyarakat atau RKM yang disusun untuk mengatasi permasalah air minum dan sanitasi tersebut.  Dengan kata lain RKM ini berisi usulan-usulan kegiatan yang akan disampaikan kepada Wali Kota dan para pihak dengan harapan akan mendapatkan dukungan dalam merealisasikan rencana kerja tersebut. 

Stakeholder Meeting ini sangat penting karena melalui pertemuan diharapkan dapat mendorong kerja sama, kolaborasi, integrasi serta akselerasi para pihak sehingga menjadi melembaga dan membentuk ecosystem di bidang air minum sanitasi dan perilaku higinis di Kota Bekasi dengan tujuan peningkatan akses WASH di masyarakat secara berkelanjutan.
 

Tags : Pangsi Patriot Bekasi

Sumber : Bekasikota.go.id

Kabar Terbaru