oleh

Kejar Kuningan Menuju Kabupaten Pendidikan, Pemkab Bentuk Tim Akselerasi

-Berita-50 Dilihat

KUNINGAN – Guna percepatan Kuningan menuju Kabupaten Kuningan tahun 2025, Pemerintah Kabupaten Kuningan membentuk tim Akselerasi Kuningan sebagai Kabupaten pendidikan. Berjumlah 100 orang, tim terdiri dari berbagai stake holder yang terdiri dari beberapa kepala Perangkat Daerah sebagai upaya untuk Membangun kesamaan persepsi bahwa program Kuningan Menuju Kabupaten Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama seluruh OPD dan stakeholder Bidang Pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Tim akselerasi di lantik langsung oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH pada Senin (27/11/2023) sore, bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan. Tim akselerasi dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kuningan Nomor 420/KPTS–936 Dikbud/2023. Turut menyaksikan, 8 mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan periode 2002 hingga tahun 2023.

Dikatakan U. Kusmana, S.Sos.,M.Si, selaku Kadisdikbud Kuningan, bahwa pembentukan tim akselerasi ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan yang bercita-cita menjadi Kabupaten pendidikan.

“karena Pemerintah Daerah ingin hadir di tengah-tengah masyarakat dalam upaya memberikan pendidikan yang berkualitas dengan segala fasilitas pendidikan yang mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat” Ujar U. Kusmana

Selanjutnya U, Kusmana menyebutkan, bahwa Program kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Kuningan Kabupaten Pendidikan, antara lain Penyusunan Grand Desain Kabupaten Pendidikan (Rencana Induk Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Kuningan), Kegiatan Rembug Daerah Bidang Pendidikan, Peningkatan Sarana Prasarana Sekolah serta Peningkatan SDM Tenaga Pendidik terutama melalui Pendidikan Guru Penggerak dan Pengajar Praktik.

Dalam sambutannya, Bupati Acep menyebutkan bahwa tantangan dalam pendidikan dapat bervariasi di berbagai konteks, tetapi beberapa tantangan umum pendidikan di Kabupaten Kuningan melibatkan aspek-aspek sebagai berikut, seperti Akses pendidikan, Kualitas pengajaran, Teknologi dan Pendidikan Jarak Jauh, Kesejahteraan siswa, Kurangnya sumber daya, Kesenjangan pendidikan, dan Pengelolaan dan tata kelola pendidikan.

Menyikapi hal tersebut, Acep memandang perlu untuk bersama-sama menyampaikan pemikiran, ide, gagasan dan terobosan dalam upaya mewujudkan kondisi pendidikan yang relevan dengan tuntutan zaman.

“Tujuan itulah yang mendasari di kukuhkannya Tim Akselerasi Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan yang dilaksanakan pada hari ini” Jelas Acep.

Aksi nyata fokus pada percepatan Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan harus menjadi ruang yang sangat terbuka bagi seluruh stakeholder untuk berekspresi dan berkolaborasi mengawal satu misi untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Kuningan, lanjut Acep.

Bupati Acep kemudian mengucapkan selamat kepada Tim Akselerasi yang telah diukuhkan hari ini.

“Selamat menjalankan tugas semoga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan pendidikan di Kabupaten Kuningan” Ungkap Acep.

Acara dilanjutkan dengan Stadium General yang dipandu oleh Dr. H. E Kuswandy Ahmad Marfu, M.Pd dengan Judul Materi  “Membangun Mutu Pendidikan” (BagProkompim/SetdaKuningan)