oleh

Kegiatan Fasilitasi Penyusunan Profil Desa Dan Kelurahan (Prodeskel) Tahun 2022, Dibuka Bupati

-Berita-646 Dilihat

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH Membuka Kegiatan Fasilitasi Penyusunan dan Profil Desa dan Kelurahan (PRODESKEL) bertempat di Lembah Ciremai, Senin (28/03/2022). Kegiatan ini diikuti oleh Para Kasi Pemerintahan di Kecamatan Se-Kabupaten berjumlah 32 orang dan Kasi Pemerintahan di  Desa/Kelurahan sebanyak 376 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi Prodeskel sebagai basis di Desa/Kelurahan berdasarkan Data Dasar Kependudukan, SDM, SDA, dan Kewilayahan.

Bupati Kuningan dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyusunan profil desa dan kelurahan yang disingkat prodeskel ini merupakan implementasi dari pelaksanaan peraturan menteri dalam negeri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan,yang dimana isi dari profil desa dan kelurahan ini terdiri atas data dasar keluarga,potensi desa dan kelurahan,dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan dalam pengisiannya diperlukan data yang akurat dan sesuai dengan kondisi sebenarnya.

“ Kegiatan penyusunan profil desa dan kelurahan ini terdiri dari penyiapan instrumen pengumpulan data,penyiapan kelompok kerja profil desa/kelurahan, pelaksanaan pengumpulan data, pengolahan data dan publikasi data profil desa dan kelurahan. maka dari itu kelompok kerja yang terkait dalam penyusunan profil desa dan kelurahan ini harus bekerja secara maksimal dan optimal” Ucap Bupati.

Penyelenggaraan kegiatan fasilitasi penyusunan profil desa dan kelurahan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi, pemahaman, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang penyusunan profil desa dan kelurahan sehingga pada gilirannya akan diperoleh ketersediaan dana kurasi data yang dapat dipertanggung jawabkan serta akuntabel, Kata Bupati.

Dalam melaksanakan penyusunan profil desa dan kelurahan diperlukan petugas yang mempunyai kemampuan memadai,dapat melaksanakan program aplikasi profil desa dan kelurahan (software) dan tersedianya alat pengolah data(hardware) sehingga kegiatan ini dirasa sangat penting, sambung Bupati.

“ Pendayagunaan profil desa dan kelurahan yang akurat diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi desa dan kelurahan serta tingkat perkembangan desa dan kelurahan sebagai data dasar bersama pelaku pembangunan desa/kelurahan dalam mendukung perencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelestarian kebijakan, program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa, kelurahan dan lembaga kemasyarakatan serta penataan wilayah administrasi pemerintahan” Ucapnya.

Bupati berharap para peserta dapat mengikuti dengan motivasi tinggi, perhatian penuh, kerjasama yang baik antar peserta, narasumber dan panitia.

Lanjutnya, setelah selesai mengikuti acara peserta harus mampu menerapkan dan melaksanakan penyusunan profil desa dan kelurahan (prodeskel)sehingga hasilnya maksimal serta kelompok kerja(pokja) profil desa dan kelurahan tingkat kecamatan dan tingkat desa/kelurahan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. (Bid IKP/Diskominfo)