oleh

Kebakaran Hutan Gunung Kandaga Tanjungsari Bogor

-Berita, Utama-922 Dilihat

Kebakaran Hutan Gunung Kandaga Tanjungsari Bogor 209

Kebakaran Hutan Gunung Kandaga Tanjungsari Bogor 209

BERITA BOGOR – Kebakaran hutan terjadi di Gunung Kandaga yang terletak di wilayah Kampung Kebon Jambe, Desa Antasari, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Informasi yang diperoleh dari warga setempat, api bermula dari sebuah bukit kecil yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Kandaga, sejak Jum’at (04/09/2019) sore. Api terus merambat ke bukit lainnya sehingga membuat warga khawatir, kemudian warga melaporkannya ke pihak Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa setempat. 

Salah seorang warga, Dedi Supriadi, mengatakan semula sejumlah warga yang melihat kepulan asap dari atas bukit merasa curiga, pasalnya selama ini bukit tersebut belum pernah terlihat ada kepulan asap. Warga semakin curiga ketika lambat laun kepulan asap semakin meluas kesisi bukit yang berada disebelahnya, spontan warga mendatangi pihak desa melaporkan kejadian tersebut. 

Baca juga :  Informasi Ridwan Kamil Edisi Kedua

Dirinya mengatakan pihak Muspides Antasari dan Muspicam Tanjungsari datang ke dekat lokasi dan tak lama berdatangan Tim SAR Gabungan, Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD Kabupaten Bogor dan pihak Perhutani. Dalam penanganan satu malam itu, petugas kesulitan menjangkau lokasi titik api dikarenakan akses yang terjal dan keadaan gelap. 

“Api semakin meluas hingga Gunung Kandaga, di kaki gunung terdapat sebuah gedung SMPN 1 Tanjungsari, Minggu (06/09/2019) malam ini, terdampak diselimuti asap akibat kebakaran hutan tersebut. Sebelumnya asap terlihat dari bukit yang kecil – kecil, itu terjadi sejak hari Jum’at sore. Bahkan pada malam Sabtu pun personil dari Dinas Pemadam Kebakaran datang namun tak bisa di jangkau. Dan, api terus merambat ke Gunung Kandaga, malah sekarang meluas hampir mendekati gedung sekolah SMPN 1 Tanjungsari,” ungkap Pembina Pramuka SMPN 1 Tanjungsari ini. 

Baca juga :  Karyawan Faturahman: Pertina Jabar Dan Seni dan Budaya

Saat ini, lanjut Dedi, para aparat terkait masih berada di lokasi berupaya keras memadamkan api yang merambat kearah gedung SMPN 1 Tanjungsari. “Alhamdulillah, sekitar pukul 21.15 WIB api yang mengarah ke sekolah sudah  dipadamkan oleh petugas gabungan. Tapi yang diatas gunung masih terlihat ada kepulan asap tebal, petugas kesulitan dikarenakan malam hari keadaannya gelap,” katanya.

Kepada Berita Bogor, Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan mengabarkan sebanyak tujuh personil BPBD dengan unit High Pressure dan mobil tanki serta unit armada Pemadam Kebakaran sudah berada dilokasi sejak sabtu malam dibantu oleh aparat Muspides Desa, Muspicam Kecamatan dan Tim SAR Gabungan dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor.

Baca juga :  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah DEWAN KESENIAN BOGOR

“Api yang mulai mendekat kearah gedung sekolah sudah berhasil dipadamkan. Tujuh personil BPBD masih berada dilokasi kejadian bersama unit Damkar dan SAR Gabungan bersama masyarakat setempat melakukan penyekatan agar api tidak meluas. Kami sedang menambah personil untuk diterjunkan kelokasi, sebab api diatas gunung masih menyala dan petugas kesulitan menjangkau titik lokasinya,” jelasnya melalui selular. 

Atas kejadian kebakaran hutan ini belum diperoleh data resmi mengenai luas lahan dan penyebab kebakaran di Hutan Gunung Kandaga. Saat ini masih menunggu informasi resmi dari BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor.  (als) 

Kebakaran Hutan Gunung Kandaga Tanjungsari Bogor 210

Kebakaran Hutan Gunung Kandaga Tanjungsari Bogor 210

Artikel Terkait :

Penutupan Jamcab VI Kota Bogor

Smiling West Java Historical Railway

Perkuat Koordinasi Antar Daerah, Wabup Bogor Bertemu Gubernur Jabar

Informasi Ridwan Kamil Edisi Kedua

Baca Artikel Aslinya