oleh

Karang Taruna Desa Butuh Dukungan

-Berita, Utama-298 Dilihat

Karang Taruna Desa Butuh Dukungan 231

BERITA BOGOR – Menghadapi perkembangan jaman pada era persaingan global dewasa ini menjadi tantangan serius bagi generasi muda di Desa Sukadamai Kecamatan Sukamakmur dalam upaya mempersiapkan kualitas sumber daya manusia dengan daya dukungnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna Desa Sukadamai, Isan Nurhasan, kepada Rakyat Bogor, Rabu (19/1/2022). “Program kerja yang telah kami canangkan diantaranya pemberdayaan remaja dan pemuda, namun daya dukung dan fasilitasnya belum tersedia sehingga menjadikan program tersebut belum bisa berjalan secara optimal,” ucap Isan Nurhasan.

Dirinya berharap pengembangan dan pemberdayaan generasi muda dalam wadah organisasi Karang  Taruna dapat dilakukan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Penyuluhan dan pelatihan yang diharapkan itu di antaranya adalah peran generasi muda dalam menghadapi MEA, Internet Positif dan pemanfaatannya, kewirausahaan,” katanya.

Dalam mewujudkan itu, pihaknya juga meminta kepada Disnaker Kabupaten Bogor untuk mendukung, memfasilitasi dan menggelar kegiatan pelatihan kerja di desa, diantaranya pelatihan komputer, mekanik, budidaya dan pengolahan Jamur Tiram, serta pendampingan melalui magang kerja dan  pengembangan kelompok usaha bersama.

Menanggapi ini Kepala Desa Sukadamai, A.Syarifudin, menyampaikan pihak pemerintah desa sudah memiliki program untuk pemberdayaan, yaitu pelatihan keterampilan bagi para pemuda yang memiliki potensi keahlian sesuai bidangnya, di antaranya kursus bengkel.

“Namun, hingga saat ini belum bisa terlaksana program pemberdayaan itu karena terkendala masalah anggaran, apalagi sekarang ketika sudah di berlakukan Perpres nomor 104. Semoga aspirasi Karang taruna desa kami dapat direalisasikan yang didukung semua pihak terutama Disnaker,” katanya. (bili) 

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya