oleh

JOB FAIR di SMKN 1 Japara, Wabup Ridho Sebut Ini Bisa Mengurangi Pengangguran di Kabupaten Kuningan

-Berita-105 Dilihat

KUNINGAN – Sebagaimana diketahui bahwa masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Kuningan merupakan masalah kita bersama, bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah saja untuk menyelesaikannya.

Diperlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja/perusahaan, para pengusaha, atau pun para pencari kerja serta stakeholder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan termasuk bursa kerja khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK dan lembaga penempatan tenaga kerja swasta (LPTSK).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si., yang hadir secara langsung dan membuka Job Fair & Grand Opening TopLoker.com SMKN 1 Japara, dengan tema Edukasi – Informasi – Menyalurkan. Bekerja sama dengan 18 Perusahaan yang siap membuka Lowongan Pekerjaan, bertempat di Halaman SMKN 1 Japara setempat. Rabu (20/9/2023), pagi.

Dalam sambutannya juga Wakil Bupati Kuningan mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada SMK Negeri 1 Japara yang juga sebagai SMKN PK (Pusat Keunggulan) yang telah menyelenggarakan acara yang bermanfaat ini, yaitu kegiatan Job Fair Nepan Juara. Bertujuan untuk mengurangi permasalahan pengangguran di Kabupaten Kuningan.

Menurutnya data badan pusat statistik (BPS) Jawa Barat merilis tingkat pengangguran terbuka (TPT) tahun 2021 Kabupaten Kuningan berada di urutan ke 5 se-Jawa Barat dengan tingkat persentase 11,68%.

Berkat kerjasama yang baik dan berkesinambungan antara pemerintah daerah dengan pihak swasta dan stakeholder terkait, pada akhir tahun 2022 tingkat penganguran terbuka di kabupaten kuningan ada penurunan menjadi 9,81%.

“Dengan capaian ini saya berapresiasi setinggi-tingginya kepada dinas tenaga kerja dan transmigrasi, BKK-BKK dan pihak perusahaan serta stakeholder terkait atas capaian tersebut.” Ujar Wabup Ridho

Namun ternyata ada penmbahan angkatan kerja baru yaitu anak-anak SMA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2023 yang tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan, ini harus segera tertangani supaya tidak menjadi pengangguran terbuka dimasa mendatang.

“Salah satu upaya menangani masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Kuningan yang saat ini dilakukan pemerintah daerah diantaranya adalah dengan mengadakan kegiatan Job Fair. Seperti yang kita lakukan hari ini, guna memfasilitasi atau mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja/perusahaan.” Jelas beliau

Melalui kegiatan tersebut Wabup Ridho berharap dapat mempercepat pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, sehingga mempercepat proses rekruitmen dan penempatan tenaga kerja di perusahaan yang dapat sudah menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan perusahaan, sedangkan pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang up to date dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

“Untuk itu, momentum ini harus bisa di manfaatkan oleh kalian semua adek-adek yang baru lulus untuk mencari pengalaman dalam dunia kerja dan melangkah maju dengan penuh semangat guna mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan harapan.” Pungkas Wabup Ridho

Acara dilanjut dengan simbolis pemukulan gong oleh Wakil Bupati Kuningan tanda secara resmi acara telah dibuka. Hadir pada kesempatan tersebut Kadisnakertrans Drs. Elon Carlan, Camat Japara Iman Firmansyah, S.STp. beserta Jajaran Forkopimcam, Kepala SMKN 1 Japara beserta Para Guru dan Staff, Ketua Top Loker Indonesia beserta Para Pimpinan atau HRD Perusahaan lainnya. (BagProkompim/SetdaKuningan)