oleh

Jelang Lebaran, Dishub Lakukan Ram Check Bus

Published by plid2018 on

BOYOLALI – Untuk memastikan kendaraan angkutan umum jelang Lebaran esok, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali melakukan ram check ke sejumlah kendaraan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan rasa kenyamanan bagi pemudik yang akan menggunakan moda transportasi darat.

Pemeriksaan pertama dilakukan di salah satu agen bus di kawasan Kecamatan Mojosongo guna memeriksa kelengkapan dan kesiapan kendaraan. Kendaraan kendaraan tersebut diperiksa oleh jajaran Dishub Kabupaten Boyolali, Satlantas Polres Boyolali, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali pada Rabu (15/5).

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kabupaten Boyolali, Didik Riyanto mengatakan bahwa kegiatan ram check ini memang dilakukan sedini mungkin, dan akan mengulangi kembali saat rem check serentak.

“Menjaga atau memberikan kenyamanan keselamatan bagi pemudik yang menuju ke Boyolali atau yang melintasi Boyolali. Jadi untuk menekan terjadinya kecelakaan, kemudian terjadinya fatalitas akibat kecelakaan,” jelasnya.

Pemeriksaan yang dilakukan menyasar pada lampu, wiper, klakson, dan yang terutama untuk rem kendaraan. Dari beberapa kendaraan yang diperiksa, keseluruhan dalam kondisi bagus dan layak jalan. Meski ada satu temuan yakni kartu pengawasan kendaraan yang telah habis masa aktifnya.

“Temuan sementara ini baru kartu pengawasan yang mati, kita sudah memberikan pengarahan untuk segera diurus. Ternyata memang sudah diurus tinggal menunggu jadi,” terangnya.

Untuk tahap awal adanya temuan kendaraan yang kurang layak jalan, pihaknya memberikan pembinaan, selanjutnya dilakukan pendataan. Setelah itu, pihaknya akan melakukan ram check ulang pada kendaraan yang masuk dalam data. Jika masih ditemukan kerusakan, maka akan dilakukan penundaan keberangkatan armada. 

Kemudian pemeriksaan juga dilakukan di salah satu agen bus yang berada di kawasan Desa Winong; Kecamatan Boyolali sekaligus di Terminal Bus Sunggingan Boyolali. Tidak hanya kendaraan yang diperiksa, akan tetapi sopir bus juga turut diperiksa terkait dengan penggunakan obat terlarang dan sebagainya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)