oleh

Jelang Idul Adha, Operasi Pasar Murah Diskopdagperin Diserbu Warga

-Berita-90 Dilihat

KUNINGAN- Dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kab. Kuningan bekerja sama dengan Perum Bulog, menggelar Operasi Pasar Murah selama dua hari berturut-turut pada Jumat dan Sabtu, 14 dan 15 Juni 2024, yang dimulai jam 8 pagi.

Pasar murah yang digelar di Puspa Siliwangi ini, merupakan langkah konkret Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam merespon kebutuhan masyarakat akan pangan dengan harga terjangkau. Dalam operasi pasar murah ini, tampak ratusan warga memadati area digelarnya pasar murah untuk membeli sejumlah kebutuhan pokok.

Menurut Kepala Diskopdagperin Kab. Kuningan Trisman Supriatna, S.Pd., M.Pd., operasi pasar murah diadakan sebagai upaya pemerintah daerah dalam membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau menjelang Hari Raya Idul Adha, sekaligus untuk menjaga inflasi serta meramaikan Puspa Siliwangi.

“Semoga Operasi Pasar Murah ini bisa membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, dan lain-lain dengan harga terjangkau,” Ujar Trisman, Jumat (14/6/2024).

Dengan digelarnya operasi pasar murah, Trisman mengajak masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang lebih terjangkau. “Operasi pasar murah ini juga diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, terutama menjelang Idul Adha,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskopdagperin juga mengatakan, stok pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H di Kabupaten Kuningan dipastikan aman, meski ada beberapa komoditi mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan.

“Untuk stok pangan menjelang Idul Adha aman, meski terdapat kenaikan di beberapa komoditi tapi tidak signifikan. Oleh karena itu, operasi pasar murah ini digelar sebagai solusi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Misrah (37) warga Desa Ancaran yang turut dalam antrian pembeli, menyatakan rasa senang dengan diadakannya operasi pasar murah tersebut. Menurutnya, operasi pasar murah membantu masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran.

“Saya datang ke Puspa Siliwangi tahu informasinya (red_operasi pasar murah) dari IG Diskominfo. Alhamdulillah, saya pribadi meras terbantu dengan adanya pasar murah, bisa membeli kebutuhan sehari-hari buat di rumah dengan harga yang lebih murah dari harga dipasaran,” tuturnya.

Adapun jenis komoditi yang tersedia dalam operasi pasar murah ini diantaranya, Beras sebanyak 2,5 Ton, Telur 90 Kg, Minyak Goreng 144 Liter, Terigu 40 kg, dan Gula 40 Kg. Dimana seluruh komoditi tersebut habis terjual hanya dalam hitungan kurang dari satu jam. (IKP/DISKOMINFO)