oleh

Jalan Rusak Menuju Tapal Batas Sukamakmur Cianjur Hambat Laju Perekonomian

-Berita, Utama-232 Dilihat

Jalan Rusak Menuju Tapal Batas Sukamakmur Cianjur Hambat Laju Perekonomian 231

BERITA BOGOR – Keberadaan hutan pinus dengan panorama pegunungan dan lembah yang sejuk di Desa Sukawangi masih menjadi primadona bagi para wisatawan domestik.

Saat penelusuran ke lokasi, akses terdekat untuk mencapai lokasi yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur ini dapat menempuh jalur dari Sentul maupun Jonggol ke arah Desa Warga Jaya Sukamakmur, sedangkan dari Cariu maupun Tanjungsari dapat menelusuri Jalan Gunung Batu Dua dan Jalan Gunung Batu Tiga Desa Sukaharja.

Namun, wisatawan yang mengendarai roda dua dan empat perlu ekstra hati – hati melintas di jalur yang berbukit, terjal dan licin saat kabut menyelimuti kawasan tersebut, pasalnya sepanjang jalur menuju Desa Sukawangi rusak parah, berlubang dan banyak batu dan kerikil.

Kondisi terparah berada di Jalan beton akses dari simpang Desa Sukaharja, tepatnya di Kampung Gunung Batu Dua dan Kampung Gunung Batu Tiga yang rusak sepanjang lebih kurang 3 kilo meter. Kondisi jalan ini memperparah kemacetan lalu lintas terutama pada akhir pekan, disamping itu menghambat perjalanan angkutan hasil kebun yang menggunakan kendaraan bak terbuka maupun sepeda motor.

Jalan Rusak Menuju Tapal Batas Sukamakmur Cianjur Hambat Laju Perekonomian 232

Jalan rusak di Desa Wargajaya

Hj.Nurhalizah, ketua Majelis Taklim Alhidayah warga Kampung Gunung Batu Dua mengungkapkan, jalan rusak sudah terjadi sekitar dua tahun silam dan belum diperbaiki hingga sekarang. Jalan rusak itu juga sering menghambat kelancaran kendaraan yang memuat hasil panen juga kemacetan lalu lintas akhir pekan mengganggu aktifitas warga setempat.

“Sudah hampir dua tahun jalan di Kampung Gunung Batu Dua dan Tiga rusak parah sampai perbatasan Desa Sukawangi. Kalau akhir pekan atau libur nasional banyak kendaraan yang mau wisata atau ke Cianjur yang lewat sini sampai macet karena jalan rusak jadi jalannya pelan. Kalau bisa tahun ini pemerintah perbaiki jalan dikampung kami di betonisasi supaya tahan lama,” Ungkap Hj.Nurhalizah.

Saat dihubungi, Kepala Desa Sukaharja, Atikah, menjelaskan kondisi jalan kabupaten yang rusak di Kampung Gunung Batu Dua dan Kampung Gunung Batu Tiga dan aspirasi warga Desa Sukaharja itu juga sudah dilaporkan secara langsung kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor saat ada kegiatan kunjungan Bupati Bogor, Ade Yasin, pada akhir tahun 2021.

“Ini kemarin saya waktu ada Bupati sudah langsung ketemu Kadis InsaAlloh di tahun ini sepanajang 3 kilometer dan saya sudah langsung ke ibu juga disampaikan InsaAlloh katanya bulan dua mulai dilaksanakan,” tanggap Kades Sukaharja. Saat dihubungi, Rabu (06/01/2022).

Sementara, Kasubag UPT Jalan dan Jembatan X, Irwan, mengatakan terkait jalan rusak akses dari Desa Warga Jaya dan akses dari Desa Sukaharja tersebut sudah di usulkan. “Untuk jalan rusak itu sudah kita usulkan, dan selayaknya memang harus dibeton dan upaya yang kami lakukan hanya menyampaikan melalui musrenbang,” jelasnya melalui pesan singkat.

Ia menambahkan jalan rusak tersebut sudah di usulkan sepanjang yang disampaikan diatas memang rusak berat, dan upaya yang di lakukan hanya menyampaikan melalui musrenbang langkah antisipasi melalui perbaikan dan pemeliharaan sepanjang bulan Desember 2021 dimana intensitas hujan yang begitu sering sehingga jalan hotmix mudah rusak. (Sab) 

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru