oleh

IGTKI-PGRI Kec. Blimbing Gelar Diklat Pemantapan IKM

-Berita-138 Dilihat

Blimbing (malangkota.go.id) – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) – PGRI Kecamatan Blimbing menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pemantapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Senin (22/5/2023).

Utin Ritayani SS M.Pd dari Balai Besar Guru Penggerak Jawa Timur saat memaparkan materi

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Utin Ritayani SS M.Pd dari Balai Besar Guru Penggerak (BPGP) Jawa Timur ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Sri Handayani Widyawati, MM.

Sri Handayani Widyawati MM mengungkapkan pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh IGTKI-PGRI Kecamatan Blimbing. Menurutnya kegiatan ini sangat luar biasa dalam memperkuat pengetahuan dan pemahaman terkait IKM.

“Para peserta telah memiliki pengetahuan dari berbagai sumber, baik melalui sumber online maupun dari Disdikbud Kota Malang. Dengan pemantapan pengetahuan dan pemahaman terkait IKM ini, pengetahuan mereka pun akan semakin bertambah,” jelas Sri, Senin (22/5/2023).

Sri menambahkan, melalui pembekalan ini diharapkan pada tahun 2024 implementasi IKM akan berjalan dengan lancar. Meskipun pada awalnya IKM bersifat opsional dan dapat diikuti atau tidak, Kota Malang telah sepakat untuk mengikuti program IKM. Selain itu, ditawarkan pula bahwa penerapan IKM tidak perlu dilakukan secara serentak, melainkan dapat dilakukan secara bertahap.

“IKM dapat dilaksanakan secara bertahap dan mencakup semua jenjang, baik TK A, TK B, PAUD, maupun Kelompok Bermain. Untuk IKM, kelompok B merupakan kelompok yang wajib mengikutinya,” kata Sri.

“Sangat penting bagi kita untuk saling mendukung dan berbagi pengetahuan dalam pelaksanaan IKM ini, karena sudah disosialisasikan sejak tahun 2022. Saya yakin bahwa semua peserta sudah memiliki pengetahuan yang memadai,” tambahnya lagi.

Namun, tentunya masih perlu adanya sharing di antara masing-masing gugus dan kecamatan. Disdikbud Kota Malang optimis bahwa jika semua pihak memiliki kemauan, tidak akan ada kesulitan dalam pelaksanaan IKM.

Sementara itu Ketua IGTKI PGRI Kecamatan Blimbing, Dra. Sustiari mengungkapkan kebahagiaannya dapat menyelenggarakan kegiatan ini. Terlebih lagi, kegiatan ini dipandu langsung oleh Utin Ritayani SS. M.Pd, yang memiliki pengalaman yang luar biasa dalam bidang IKM.

“Mencari Bu Utin Ritayani tidaklah mudah karena beliau adalah ahli dalam bidang IKM. Oleh karena itu, ketika Bu Utin hadir di Kota Malang, kita harus memanfaatkannya secara maksimal untuk belajar,” jelas Sustiari.

Sustiari mengatakan bahwa teman-teman di IGTKI Kota Malang sebenarnya telah mengenal IKM melalui berbagai kesempatan belajar. Namun, dengan adanya kegiatan selama dua hari ini, diharapkan dapat menjadi momen yang memperkuat pemahaman dan pelaksanaan IKM, khususnya di Kecamatan Blimbing.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan ini diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari 65 lembaga pendidikan TK di Kecamatan Blimbing dan dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Senin (22/5/2023) hingga Selasa (22/5/2023). (cah/yon)