oleh

Hasil Survei Jamparing Research, Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Bupati-Wabup Mencapai 83,6 Persen

-Berita-45 Dilihat

KUNINGAN – Kepuasan masyarakat terhadap Kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan mencapai  83,6 persen,   Ini termasuk kategori BAIK. Survei dilakukan  Lembaga Research Independen Yayasan Jamparing (Jaringan Masyarakat Pembelajar Kuningan) Lembaga Research Independen. Hal tersebut disampaikan Ketua Yayasan Jamparing Research, Sohib Muslim pada acara Milangkala Ke-5 Jamparing Research,  berlangsung  di Gedung IPHI Kuningan,  Sabtu (8/7/2023).

Acara dihadiri  Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda, SH, M.Si, Perwakilan DPRD, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Dandim 0615, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si,  Komisioner KPU dan Bawaslu, Ketua DEEF, Ketua JPR, Ketua KIPP, dan para Ketua Partai Politik.

Wakil Bupati Kuningan, H.M. Ridho Suganda, SH. M.Si menanggapi hasil survei kepuasan tersebut, Ia  menyampaikan rasa syukur,  dan berterima kasih  kepada Jamparing yang telah menyajikan data yang valid,  sehingga data tersebut dapat menjadi panduan dalam melaksanakan tugas untuk lebih baik lagi.

“Hal ini  menjadi motivasi dan semangat bagi kami untuk meningkatkan pelayanan publik, tentu dengan  melibatkan  stakeholders. Sehingga dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat. Kami yakin masih bisa mengambil langkah-langkah strategis ke depan yang akan lebih dirasakan, meskipun terdapat keterbatasan di sisi keuangan,” ungkap Wabup Ridho.

Wabup Ridho mengatakan, hasil survei ini akan menjadi motivasi yang kuat. Kendati, tersisa sisa lima bulan ke depan, kami akan melakukan langkah-langkah yang lebih strategis untuk terus meningkatkan kepuasan masyarakat.

Sementara Ketua Yayasan Jamparing Research, Sohib Muslim menjelaskan, bahwa  hasil survei yang dilakukan Jamparing antara lain, tentang pengetahuan Masyarakat Kabupaten Kuningan mengenai  Agenda Pemilu, seperti seberapa tertarik masyarakat  terhadap politik dan Pemerintahan Nasional maupun Lokal, hasilnya  menyatakan tertarik 20 %.

”Apakah masyarakat tahu bahwa Pemilu Tahun 2024 akan memilih 5 Jenis, untuk Capres mencapai 94,67%, Simulasi Capres-Cawapres, Elektabilitas Parpol di tiap level, tentang Kinerja Anggota DPRD Kab. Kuningan, Kinerja Kepolisian di Kabupaten Kuningan, dan tentang keluhan masyarakat terkait gangguan keamanan,” ungkapnya.

Selain itu, Sohib Muslim menyebutkan ada survei juga bagaimana Kepuasan masyarakat terhadap Kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan. Berdasarkan data,  analisa masyarakat yang menyatakan cukup berarti Standar Pelayanan Minimal (SPM) telah terpenuhi, sehingga  dapat menjumlahkan persentase Sangat Puas, Puas dan Cukup. Hasilnya adalah 83,6%.  Artinya Kepuasan Masyarakat Kabupaten Kuningan atas Kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati saat ini sebesar 83,6%. Ini termasuk kategori BAIK.

Sementara itu dikatakan Sohib Muslim, untuk kehidupan beragama di Kabupaten Kuningan Tahun 2022, berdasarkan data  yang berpendapat Toleran dan Saling Menghargai sebesar 80,3% dan yang menyatakan Biasa Saja yang artinya kondusif sebesar 14,8%. Jika pernyataan ini dijumlahkan akan menghasilkan angka sebesar 95,1%. Ini berarti Kehidupan Umat Beragama di Kuningan Sangat Baik.

Menurutnya,  Sohib Muslim, bahwa  survei  dilaksanakan di 32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan mulai dari tanggal 12 hingga 22 Juni 2023, dengan  Metodologi yang digunakan adalah Multistage Random Sampling,  Jumlah Sampel adalah 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat dan untuk Margin of error ± 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Untuk Wawancara, Sohib Muslim mengatakan,  dilakukan secara tatap muka langsung menggunakan kuesioner oleh surveyor. Kendali mutu dilakukan secara berlapis mulai dari proses rekrutmen dan pelatihan surveyor, pengumpulan data, spotcheck lapangan, hingga validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data (callback). (IKP/DISKOMINFO)