oleh

Hadiri UKW PWI, Wali Kota Sutiaji: Wartawan Harus Miliki Tiga Hal

-Berita-134 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – 36 wartawan dari berbagai platform media mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya di kampus IKIP Budi Utomo Malang. UKW angkatan ke-51 ini dimulai tanggal 21-23 Juli 2023 dan diikuti sejumlah wartawan dari luar Jawa Timur, seperti dari Sulawesi Selatan, Jakarta dan Nusa Tenggara Timur.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memberi pengarahan giat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di kampus IKIP Budi Utomo Malang

Usai pembukaan UKW, Jumat (21/7/2023), Ketua PWI Malang Raya, Cahyono berharap agar semakin banyak lagi wartawan yang tersertifikasi, berkompeten dan profesional ketika menjalankan pekerjaan jurnalistiknya. Selain merupakan amanah dari Dewan Pers, dikatakannya jika UKW ini menjadi keharusan dan kebutuhan setiap wartawan.

“Untuk UKW memang kita ada regulasi yang diberikan oleh Dewan Pers, sehingga teman-teman wartawan yang masih bekerja di perusahaan media wajib mengikuti. Artinya, ketika dia lulus UKW, maka dia sudah bisa dinyatakan sebagai wartawan profesional,” imbuh Cahyono.

Keseriusan PWI Malang Raya dalam menggelar uji kompetensi ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji. Usai memberi pengarahan kepada peserta, Wali Kota Malang berpesan agar wartawan memiliki kompetensi, strategi dan mau terus belajar, termasuk uji kompetensi ini di dalamnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu menyampaikan, jika dulu ada konsep pentahelix, sekarang di Kota Malang konsepnya menjadi hexahelix dan salah satu di antaranya adalah media. “Media itu memberikan literasi, edukasi dan memberikan advokasi, sehingga media harus menjadi mitra, khususnya pemerintah,” tegas pria berkacamata itu. (say/yon)