oleh

Gubernur Jabar Buka Perhelatan PORSENITAS X di Majalengka

-Berita-97 Dilihat

KUNINGAN – Upacara pembukaan PORSENITAS X dan pameran produk unggulan KUNCI BERSAMA resmi dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jawa Tengah serta seluruh Bupati dan Walikota yang termasuk dalam KUNCI BERSAMA yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka, yang bertempat di Lapang GGM. Majalengka, Rabu malam (07/06/2023).

Dalam laporannya, kepala Dispora Majalengka bahwa PORSENITAS KUNCI BERSAMA ini sebagai sarana untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan antar daerah di kawasan perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, kerjasama ini penting sekali dalam menyelesaikan berbagai isu strategis yang memerlukan perhatian pemerintah dengan berbagai perkembangan masalah yang harus diatasi bersama di daerah perbatasan.

Terkait dengan PORSENITAS Ia juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa kecabangan olahraga yang dipertandingkan, yaitu cabor wajib Bola Voli, Bulutangkis, Tenis Lapang, Tenis Meja, dan Catur. Cabor pilihan Bola Basket, Voli Pasir dan Billiard, serta Cabor Tradisional Hadang dan Balap Bakiak. Dengan jumlah atlet yang mengikuti pertandingan sebanyak 642 atlet untuk memperebutkan 45 medali emas, 45 medali perak dan 90 medali perunggu.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka Karna Sobahi, menyampaikan bahwa sebagai tuan rumah terlebih dahulu mengucapkan ucapan selamat datang kepada seluruh atlet dan official yang akan mengikuti PORSENITAS, serta mengungkapkan kebanggaannya, karena untuk pertama kali nya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dapat hadir pada pagelaran PORSINTAS ke X yang juga bertepatan dengan hari jadi Majalengka ke-533. Ia menjelaskan PORSENITAS ini terlaksana karena bermula dari spirit Kuningan Summit, dan hingga kini KUNCI BERSAMA terus eksis hingga menambah satu anggota baru yaitu Kabupaten Indramayu yang senantiasa dapat membangun kemitraan dalam wilayah perbatasan di berbagai sektor.

Sementara Kang Emil dalam arahannya memberikan apresiasi atas kekompakan kepala daerah di daerah perbatasan Jabar-Jateng yang tergabung dalam kelompok KUNCI BERSAMA. Menurutnya melalui silaturahmi yang harmonis ini mari kita tunjukan semangat prestasi dan sportivitas yang dibingkai melalui kolaborasi, serta untuk tim kesenian yang akan ditampilkan dari berbagai daerah, Ia sampaikan bahwa seni merupakan suatu identitas kita yang harus dijaga dan juga identitas kita sebagai bangsa yang besar.

Perlu diketahui bahwa kontingen Kuningan mengirimkan total 315 atlet, official termasuk tim kesenian. Dan juga Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH yang juga sebagai Ketua KUNCI BERSAMA sebelumnya telah mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yaitu Rapat Paripurna Istimewa HUT Majalengka hingga kirab Budaya yang didampingi Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si serta Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. (BagProkompim/SetdaKuningan).