oleh

Giliran Sukaraja Sukamakmur Babakan Madang Terdampak Longsor

-Berita, Utama-290 Dilihat

Giliran Sukaraja Sukamakmur Babakan Madang Terdampak Longsor 239

Giliran Sukaraja Sukamakmur Babakan Madang Terdampak Longsor 240

Longsor RT 03 RW 06 Desa Karangtengah

BERITA BOGOR – Cuaca ekstrim yang terjadi dalam sepekan terakhir ini telah diprediksi oleh Badan Metreogi Klimatologi dan Geofisika. Meskipun fenomena alam bukan penyebab terjadinya bencana alam, namun patut dipetik hikmahnya bagi manusia yang hidup berdampingan dengan alam sekitarnya.

Setelah wilayah di Kecamatan Cibinong yang merupakan perkotaan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diterjang banjir yang menggenangi permukiman warga dan perumahan pada pekan karin, kini sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, seperti Kecamatan Babakan Madang, Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Sukaraja juga terjadi tanah longsor dan banjir.

Diketahui, beredar rekaman video berdurasi satu menit empat puluh dua detik, dan rekaman video durasi satu menit tiga belas detik melalui status WhatsApp. Terlihat jelas tanggul saluran air jebol sehingga air deras menggenangi persawahan di RT 03 RW 06 Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang.

Baca juga :  Wajib Pajak Datangi Pojok Pajak Kecamatan Sukamakmur

Rekaman video yang ditenggarai direkam oleh warga setempat yang berbeda, telah terkonfirmasi kebenaran kejadiannya, (28/8) sore. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kejadian tersebut mengakibatkan lahan sawah seluas ribuan meter persegi terendam banjir. Kejadian ini juga sudah dilaporkan kepada pihak desa setempat.

“Kronologis kejadiannya, air meluap dari saluran irigasi yang airnya berasal dari wilayah RW 05, 06 dan 13 dan ditambah tebing setinggi -+6 meter yang longsor sehingga air dari permukiman warga RW 06 meluap. Hal ini mengakibatkan tanggul irigasi jebol yang airnya mengalir deras ke persawahan menuju sungai Ciherang. Saat ini sedang dibuat berita acara kejadian itu untuk dilaporkan kepada pihak desa,” ungkap Sunarto selaku Ketua RW 06 Desa Karang Tengah, Minggu (28/8) sore.

Baca juga :  Belum Kantongi Perijinan Lingkungan Hidup Perbukitan Tapal Batas Bogor Timur Dirusak

Sementara, Pusdalops BPBD Kabupaten Bogor telah menerima sejumlah laporan dari petugas terkait kejadian tanah longsor, (28/8) sore, diantaranya Kampung Cibarengkok RT.10 RW 04 dan RT.09 RW 03 Desa Sumur Batu Kecamatan Babakan Madang, serta di Kampung Cibeureum RT 04 RW 04 Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur.

Giliran Sukaraja Sukamakmur Babakan Madang Terdampak Longsor 241

Tanah Longsor Sukaraja Bogot

Sehari sebelumnya, Sabtu (27/8) malam, pasca hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor di Kecamatan Sukaraja juga terjadi peristiwa bencana alam banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Sukaraja. Salah satunya di Kampung Cimuncang telah terjadi tanah longsor sepanjang 30 meter yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan desa.

Tak hanya itu, Kampung Sukaraja Kaum terjadi banjir yang menimpa beberapa rumah warga, banjir disebabkan dari luapan arus sungai Kalibaru yang sebabkan genangan air hingga ke pemukiman warga setinggi 70 meter.

Baca juga :  Jalan Kabupaten Desa Sumur Batu Akhirnya Diperbaiki

“Saat ini di Kampung Cimuncang masih dalam proses pembersihan jalan dan material longsor, tidak ada korban jiwa maupun materiil. Untuk Kampung Sukaraja Kaum sudah dalam penanganan BPBD Kabupaten Bogor dan petugas dari Bendungan Katulampa, tidak terdapat korban jiwa maupun mareriil.” tutup Kapolsek Sukaraja Kompol Darmawan, SH.. (hum/Ita/als)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya