oleh

Gelar Road To Sedekah Bumi 2024, Iip Apresiasi Kearifan Lokal Yang Terus di Jaga di Desa Wisata Cibuntu

-Berita-92 Dilihat

KUNINGAN – Desa Cibuntu yang terletak di Kecamatan Pasawahan terkenal dengan pesona pariwisata dan kebudayaannya yang kental. Sejak ditetapkan sebagai Desa Wisata, Pemerintah Desa Cibuntu dari tahun ke tahun berbenah dengan mengekspolore potensi yang dimilikinya. Salah satunya adalah penyelenggaraan sedekah bumi yang rutin dilakukan sejak tahun 2012.

Pada Sabtu malam, (22/06/2024) digelar pesta rakyat yang merupakan agenda road to sedekah bumi 2024 yaitu acara Collecticamp Vol. 2 effort music X Desa Wisata Cibuntu dengan menggaet bilikUdjo Bandung sebagai pendamping. Acara begitu syahdu memainkan musik kontemporer bersama angklung diatonis. Bertempat di Perkemahan pager Gunung, Desa Cibuntu.

Diterangkan oleh Dadi Kurnadi, selaku kepala Desa Cibuntu bahwa sedekah bumi ini rutin digelar sejak tahun 2012. Sebelumnya jarang dilakukan, tetapi sejak ditetapkan sebagai desa wisata, Cibuntu terus menggali potensi wisatanya termasuk menggelar sedekah bumi setiap tahun.

Dadi juga menjelaskan, bahwa telah dimulai pembelajaran generasi muda untuk bermain musik angklung.

“Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan yang mendeklarasikan Kuningan sebagai Kabupaten Angklung, maka kami sudah memulai pembelajaran kepada generasi muda untuk bermain musik angklung melalui kerjasama bilik udjo, sehingga dapat menyambut tamu yang datang dengan kesenian musik angklung” Ujar Dadi.

Dalam sambutannya, Iip Hidajat mengapresiasi Pemerintah Desa Cibuntu yang terus menggelar sedekah bumi sebagai salah satu kearifan lokal yang harus dijaga.

“Kearifan lokal ini yang perlu kita jaga sebagai bentuk kebudayaan yang harus diwariskan kepada anak cucu kita sehingga terus lestari”

Dikatakan Iip, bahwa Desa Cibuntu merupakan salah satu Desa andalan pariwisata di Kabupaten kuningan. Karenanya pada Februari lalu, penyelenggaraan festival durian di selenggarakan di Desa Cibuntu.

“Upaya kami dengan mendatangkan sebanyak-banyaknya kunjungan wisata melalui Calendar of event sepanjang tahun 2024 adalah untuk kesejahteraan masyarakat. ketika banyak yang datang ke Kuningan, ekonomi akan berputar. Contohnya kemarin ketika festival durian, alhamdulilah ribuan orang menyerbu Desa Cibuntu, banyak masyarakat yang di untungkan”

Untuk itu Iip menghimbau kepada masyarakat agar dapat menjadi duta-duta pariwisata.

“Kita harus terbiasa ramah dengan pendatang. Jadilah duta-duta pariwisata yang membuat kesan masyarakat Kuningan sangat menyenangkan. Hal ini agar mereka datang terus ke Kuningan dan jumlah kunjungan wisata semakin banyak” tutur Iip. (BagProkompim/SetdaKuningan)