oleh

Gelar Rakerda, DPPKBP3A siap wujudkan Keluarga Kuningan bahagia dan sejahtera

-Berita-269 Dilihat

KUNINGAN,- Jadikan tahun 2022 ini sebagai tahun penguatan lini lapangan berbasis desa dengan menggerakkan dan memberdayakan seluruh potensi masyarakat untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, santana, basajan, santika dan unggul.

Hal ini disampaikan oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. pada saat membuka Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Kabupaten Kuningan bertempat disalah satu Rumah Makan Kuningan, Kamis (16/6/2022).

Kegiatan ini juga, sekaligus Penandatangan MoU Tentang Pemenuhan dan Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Berhadapan Hukum kerjasama Antara DPPKBP3A Kabupaten Kuningan dengan Instansi Vertikal dan MoU Tentang Peningkatan Pelaksanaan Program Bangga Kencana dengan Perkumpulan Juang Kencana Kabupaten Kuningan.

“Saya merasa gembira dan menyambut baik atas diselenggarakannya rakerda ini, dimana merupakan wahana komitmen kita untuk mencarikan solusi dalam sektor pembangunan keluarga, kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta sektor kesehatan yang sedang kita hadapi,” ujar Sekda Dian.

Disamping itu, Sekda juga memberikan arahan, Ia menyampaikan, fokus pembangunan keluarga, kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, diarahkan kepada penguatan demand (penggerakan) dan supply (pelayanan) secara seimbang.

Lanjutnya, Sekda mengatakan ada 4 (empat) konsep pembangunan, yakni, konsep pembangunan berkelanjutan, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan manusia dan pembangunan berwawasan kependudukan.

“Mari kita bersama-sama galang terus pesan “4 terlalu” (terlalu muda, terlalu dekat, terlalu banyak dan terlalu tua) harus menjadi andalan untuk mengajak para keluarga untuk hidup sehat, bahagia dan sejahtera serta laksanakan pendampingan terhadap keluarga yang berisiko  stunting, serta tingkatkan program dashat (dapur sehat atasi stunting)  untuk mencegah  stunting baru, guna mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkualitas,” ujarnya.

Sementara, Perwakilan BKKBN Provinsi Jabar Dr. Wahidin S. KM. mengatakan selamat Kepada DPPKBP3A Kabupaten Kuningan yang telah meraih kejuaraan di tingkat provinsi, bahkan tahun ini masuk ke tingkat nasional yaitu lomba Kampung KB yang diraih oleh Kampung KB Hegar Manah Desa Haur Kuning Kecamatan Nusaherang.

“Saya apresiasi dan saya doakan semoga berhasil menjadi juara tingkat nasional sehingga nanti akan banyak terciptanya keluarga yang sehat dan sejahtera,” ujarnya.  

Kemudian, Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna, S.Pd, M.Pd. menyampaikan, rakerda Bangga Kencana merupakan forum sosialisasi , evaluasi, perencanaan dan pengendalian program  bangga kencana dalam rangka menyamakan persepsi untuk mengakselerasikan target Bangga Kencana tahun 2022.

“Rakerda ini untuk mengakselerasi program bangga kencana dalam mendukung tercapainya target bangga kencana tahun 2022 serta menjamin kemitraan dan keterpaduan program melalui mekanisme operasional dalam program bangga kencana, keadilan kesetaraan gender sehingga kebijakan pembangunan kabupaten kuningan khususnya indikator kesejahteraan pada tahun 2022 dapat terwujud,” ujarnya.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat diwakili Kabid Peningkatan Kualitas Keluarga Dr. H. Iin Indasari, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Kuningan Hj. Ela Dian Yanuar dan undangan lainnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)